PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS STEM SDGs UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA SMP
Abstrak
IPA merupakan mata pelajaran yang memerlukan keterampilan khusus yang harus dimiliki siswa salah satunya yakni keterampilan komunikasi ilmiah. Keterampilan komunikasi ilmiah ternyata belum menjadi fokus pembelajaran IPA di jenjang SMP yang menyebabkan banyak siswa memiliki Tingkat keterampilan komunikasi ilmiah yang rendah. Tujuan dilakukannya pengembangan modul IPA berbasis STEM SDGs yakni untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan modul yang telah dikembangkan dengan diintegrasikan dengan STEM SDGs dalam meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah siswa SMP. Penelitian yang dilakukan berjenis pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang melalui lima tahapan yakni tahap analisis, desain, pengembangan, pengaplikasian, dan evaluasi. Produ diuji dengan menggunakan dua uji yakni uji keefektifan dan uji validitas. Pembelajaran menggunakan modul IPA berbasis STEM SDGs yang dikembangkan telah melewati kedua uji tersebut dengan baik yang menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis STEM SDGs telah terbukti valid dan efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah siswa SMP.
Unduhan
Referensi
Basri, M. H., Aka, K. A., & Saidah, K. (2022). Pengembangan media pembelajaran montase berbentuk flip chartdengan menggunakan strategi story telling bagi siswa sekolah dasar. AL-Asasiyya: Journal of Basic Education, 7(1), 33–45. https://doi.org/https://doi.org/10.24269/ajbe.v7i1.5701.
Fadila, A. N., Wahyuni, S., & Budiarso, A. S. (2023). Pengembangan bahan ajar berbasis flipbook pada materi kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan kemam puan komunikasi siswa info artikel abstrak. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan,14(3), 325–333. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.15085.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Islamiyah, A., & Wulandari, F. E. (2022). The Effect of STEM Integrated PBL Model to Practice Students’ Scientific Communication Skills. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 10(4), 865. https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i4.5664.
Karso, dkk. (1993). Dasar Dasar Pendidikan MIPA . Depdikbud.
Kusuma, A. E., Wasis, Susantini, E., & Rusmansyah. (2022). Studies in Learning and Teaching Studies in Learning and Teaching The Effect of Rode Learning Model on Enhancing Students Communication Skills. 3(3), 132–140. https://doi.org/10.46627/silet.
Mu’minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi stem dalam pembelajaran abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 1495–1503. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/219.
Putra, P. D. A., & Kumano, Y. (2018). Energy Learning Progression and STEM conceptualization among pre-service science teachers in Japan and Indonesia. The New Educational Review, 53(3), 153–162. https://doi.org/10.15804/tner.2018.53.3.13.
Sudipa, I. G. I., Harto, B., Mulyanto, Sepriano, Sahusilawane, W., Afriyadi, H., Lestari, S., Handayani, D., & Hasanuddin. (2023). Teknologi Informasi & SDGs (Peranan Teknologi Informasi di Berbagai Bidang Dalam Mendukung Sustainable Development Goals) (Efitra & Sepriano, Eds.). PT.Sonpedia Publishing Indonesia. www.sonpedia.com.
Tanango, S. M., Kudrat, M., & Husain, R. I. (2023). Pengembangan Modul Ajar Pembelajaran IPA Menggu nakan Pendekatan Kurikulum Merdeka Kelas IV Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 8907–8919. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1461.
Velázquez, F. D. C., & Rivas, F. L. (2020). Education for sustainable development in STEM (technical drawing): Learning approach and method for SDG 11 in classrooms. Sustainability (Switzerland), 12(7). https://doi.org/10.3390/su12072706.
Wahyuni, N., Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., Nurannisa, A., Rivaldi, A. I., & S., S. (2022). Seminar Nasional Paedagoria Penerapan Modifikasi Model Pembelajaran Team Share Tournamet terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa. Seminar Nasional Paedagoria, 2, 361–369. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/10403/pdf.
Wilujeng, I. (2018). IPA terintegrasi dan pembelajaran. UNY Press.
Zulfa, A. R., & Rosyidah, Z. (2020). Analysis Of Communication Skills Of Junior High School Students On Classification Of Living Things Topic. INSECTA Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1),78–92. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2078.
Keywords | : |
Kata Kunci:
IPA, Keterampilan Komunikasi Ilmiah, Modul Pembelajaran, STEM, SDGs Science, Scientific Communication Skill, Learning Module, STEM, SDGs
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-05-05
|
Cara Mengutip | : |
Lukito Bayu Utomo, Dwi Aristya Putra, P., & Yusmar, F. (2025). PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS STEM SDGs UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 58–66. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2902
|
Terbitan | : |