ANALISIS PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

Mhd Rizky Fahrozy N Harahap ( Universitas Prima Indonesia )
Palma Juanta ( Universitas Prima Indonesia, Indonesia )
Shinta Marito Siagian ( Teknik listrik Politeknik Negeri Medan, Indonesia )
Jefri Banjarnahor ( Universitas Prima Indonesia, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran dengan menggunakan video animasi terhadap hasil belajar ipa siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Statistik Uji T (Test T) dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 22. Berdasarkan hasil analisis penelitian,nilai Mean dari hasil hasil pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 39,00 dan 39,12 dan untuk hasil (sig 2 tailed) masing-masing adalah 0,57 dan 0,59 sehingga untuk hipotesisnya dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak memiliki perbedaan nilai rata-rata secara nyata sedangkan Nilai mean untuk postest kelas eksperimen dan hasil kelas kontrol adalah 70,00 dan 43,21 dan untuk hasil hipotesisnya adalah 0,00 dan 0,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan nilai rata-rata secara nyata, hal ini dibuktikan dari hasil Mean kelas eksperimen bernilai 70,00 dan kelas kontrol 43,21 yang artinya nilai pada kelas eksperimen yang menerapakan video animasi lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan video animasi pada pembelajaran ipa. Dengan demikian, penerapan media video animasi pada siswa kelas eksperimen dalam pembelajaran ipa menunjukkan sikap yang baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Chandra Sari, N., & Determinan Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Motivasi Kerja, D. (t.t.). Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis ke-II.

Fadilla, Z., Ketut Ngurah Ardiawan, M., Eka Sari Karimuddin Abdullah, M., Jannah Ummul Aiman, M., & Hasda, S. (t.t.). Metodologi Penelitian Kuantitatif. http://penerbitzaini.com

Hotimah, H. (2008). Penerapan Model Pembelajaran Ipa Terpadu Bervisi Sets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP TESIS. https://lib.unnes.ac.id/16838/1/4001506045.pdf

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara (Vol. 12, Nomor 4).

Nidiana, I. K. (2020). Pengaruh Model Self-Regulated e-Learning (SReL) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Kubutambahan [Universitas Pendidikan Ganesha].

Nursalam, & Efendi, F. (2008). Pendidikan Dalam Keperawatan Nursalam Ferry Efendi 2008 Penerbit: Salemba Medika.

Nuyadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media. https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6667/1/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf

Olivia, J., & Nurfebiaraning, S. (t.t.). Pengaruh Video Advertising Tokopedia Versi “Jadikan Ramadan Kesempatan Terbaik” Terhadap Respon Afektif Khalayak (Vol. 7).

Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159–166. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Sintia, I., Danil Pasarella, M., & Andi Nohe, D. (2022). Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, dan Aplikasinya Terbitan II.

Suci, F., Sulasminah, D., Bastiana, &, & Abstrak, A. I. (2024). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Video Animasi Pada Siswa Tunagrahita Kelas VIII di SLB C YPPLB Cendrawasih. 2(1), 144–154. http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jmp

Syamil, A. (2023). Metodologi Penelitian Kesehatan. https://www.researchgate.net/publication/376828596_Metodologi_Penelitian_Kesehatan

Walangadi, H., & Putra Pratama, W. (t.t.). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index

Wilayah, J. P., Kota, D., Taluke, D., Lakat, R. S. M., & Sembel, A. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Spasial, 6(2).


Keywords  :  
Kata Kunci: Video Animasi;, Hasil Belajar IPA; Animated Video;, Science Learning Outcomes;
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-06-03
Cara Mengutip  :  
Fahrozy N Harahap, M. R., Juanta, P., Marito Siagian, S., & Banjarnahor, J. (2025). ANALISIS PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 93–98. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2878
Terbitan  :