PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS THREE DIMENSIONAL THINKING GRAPH UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS

Rahmawati Rahmawati ( Universitas Jember, Indonesia )
Ulin Nuha ( Universitas Jember, Indonesia )
Zainur Rasyid Ridlo ( Universitas Jember, Indonesia )

Abstrak

Literasi sains merupakan komponen penting dalam pembelajaran IPA untuk membantu siswa memahami konsep sains, membangun pengetahuan sains, serta menerapkannya dalam kehidupan. Tingkat literasi sains siswa masih rendah dan memerlukan bimbingan lebih lanjut akibat pembelajaran yang kurang mendukung kemampuan literasi sains siswa. Penelitian  bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Three Dimensional Thinking Graph yang valid, praktis, serta efektif untuk meningkatkan Literasi sains pada pembelajaran IPA SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian yang digunakan yakni model ADDIE dengan tahapan Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Produk telah diterapkan pada siswa kelas VII-C SMP Negeri 6 Jember, dengan hasil bahwa E-LKPD berbasis Three Dimensional Thinking Graph mendapatkan persentase 90,5% dikategorikan sangat valid, dinyatakan sangat praktis mendapatkan persentase 93,27%, efektif guna meningkatkan literasi sains dengan memperoleh skor N-gain sebesar 0,70 yang dikategorikan tinggi serta mendapatkan respon sangat baik mendapatkan persentase 92,52%. Penelitian ini mengindikasikan bahwa E-LKPD berbasis Three Dimensional Thinking Graph memiliki validitas tinggi, praktis dalam penggunaannya, serta efektif guna menunjang pembelajaran IPA SMP

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asri, A. S. T., & Dwiningsih, K. (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 465–473. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.465-473

Chen, J., Wang, M., Grotzer, T. A., & Dede, C. (2018). Using a three-dimensional thinking graph to support inquiry learning. Journal of Research in Science Teaching, 55(9), 1239–1263. https://doi.org/10.1002/tea.21450

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Fuadina, Z. N., Supeno, S., Ahmad, N., & Sugihartoko, S. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Diagram Berpikir Multidimensi Dalam Pembelajaran Terhadap literasi sain . In OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika (Vol. 6, Issue 2). https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.1965

Hake, R. R. 1988. Interactive-engagement versus traditional meyhoda: A six thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal Of Physics. 66(1): 64-74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Latip, A., & Faisal, A. (2021). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1179

Novanda, N. A. L., Supeno, S., & Budiarso, A. S. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 8–18. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1435

Nuha, U., Rizky, A., Cahyani, N., Supeno, S., Rusdianto, R., Wahyuni, D., & Fadilah, R. E. (2024). Development of e-modul based on three-dimensional thinking graph to improve critical reasoning of junior high school students. 37. https://doi.org/10.22219/raden.v4i2.3.

OECD (2023b). PISA 2022 Results (Volume I). The State of Learning and Equity in Education, PISA OECD Publishing, Paris, http://doi.org/10.1787/53f23881-en.

Rini, C. P., Dwi Hartantri, S., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Kompetensi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 166–179. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15320

Siregar, W. P., Irawati, S., Jumiarni, D., Ahmad Saddam Husein, Irwandi Ansori, & Syarif Hidayat. (2023). Rancangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1–8. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.1-8

Siswanto, J., Sumarno, S., & Prasetiyo, P. (2022). Studi Kemampuan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP N 2 Pulosari. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNHP). (Vol. 3, pp. 269-276).

Sumanik, N. B. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Literasi Sains untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis. PAEDAGOGIA, 25(2), 147. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v25i2.64080

Wahyuni, S., Putra, P. D. A., & Hidayati, S. A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i3.24244


Keywords  :  
Kata Kunci: Literasi Sains;, E-LKPD;, Three-Dimensional Thinking Graph; Scientific literacy;, E-LKPD;, Three Dimensional Thinking Graph
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-06-03
Cara Mengutip  :  
Rahmawati, R., Nuha, U., & Rasyid Ridlo, Z. (2025). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS THREE DIMENSIONAL THINKING GRAPH UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS . Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 45–52. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2870
Terbitan  :