IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Siti Rofi'ah ( Univeritas PGRI Semarang, Indonesia )
Siti Patonah ( Univeritas PGRI Semarang, Indonesia )
Sukamto Sukamto ( Univeritas PGRI Semarang, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini mengkaji penerapan metode pembelajaran IPA yang mengintegrasikan sains, teknologi, teknik, dan matematika atau yang disebut dengan STEM pada siswa kelas V yang mempelajari mengenai gelombang bunyi dan cahaya. Tujuan utama adalah untuk mengetahui dampak pendekatan ini terhadap kemampuan Literasi dan Numerasi siswa di SD N 1 Penganten kabupaten Grobogan. Metode yang diterapkan ialah metode pre-test, post test, serta pra eksperimen melalui pola one shoot case study design. Sesudah diberi perlakuan dengan metode pembelajaran eksperimen hasil rata-rata nilai post-test siswa ialah berpengaruh signifikan yakni 85,55 dan  nilai pre-test siswa  dengan rata-rata 43,66 dengan menggunakan metode pembelajaran PjBL. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa adanya perbedaan antara hasil pre-test dan post-test yang diterapkan dalam mengukur kemampuan Literasi dan Numerasi dengan pendekatan STEM dan model pembelajaran PjBL. Hasil uji t untuk dua sampel dependen menunjukkan bahwa sig < 0,05 atau 0,000<0,05. Yang artinya siswa kelas V di SD N 1 Penganten ini nilai literasi dan numerasi mereka meningkat karena menerapkan pendekatan STEM

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aulia Savitri, N., Sukamto, & Patonah, S. (2024). Pengembangan Modul Ajar IPAS Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Pada Siswa Fase C.https://doi.org/10.22437/jisic.v13i2.14506

Aulya, R. A., Asyhar, R., & Yusnaidar, Y. (2021). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis PjBL-STEM untuk Pembelajaran Daring Siswa SMA pada Materi Larutan Penyangga. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 13(2), 84–91. https://doi.org/10.22437/jisic.v13i2.14506

Bustomi, Y., Rahdiat Gunadi, F., Dewi, R. S., Studi, P., Pancasila, P., Kewarganegaraan, D., & Keguruan, F. (2023). GERMABUK “GERAKAN MEMBACA BUKU” : Preventif dalam Meningkatan Nilai-Nilai Literasi Pendidikan melalui Perwujudan Sekolah yang Berkarakter (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.511

Mardhiyatirrahmah, L., Muchlas, & Marhayati. (2020). Dampak Positif dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5299

Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 34–45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819

Nastiti Meiliya, & Dwiyanti Aris. (2022). kajian literatur: literasi numerasi siswa sekolah dasar kelas atas.

Nurul Azizah, A., Sukamto, & Patonah, S. (2024). Pengembangan Modul Ajar IPAS Berbasis STEM Untuk Mewujudkan Kemandirian Siswa Fase B. In Elementary School (Vol. 11, Issue 2).

Prasetya, P. M., Parmiti, D. P., & Bayu, G. W. (2022). Terpikir STEM: Instrumen Tes Berpikir Kritis IPA Berorientasi Pendekatan STEM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 363–371. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.50063

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF).

Syadiah, A. N., & Hamdu, G. (2020). Analisis rasch untuk soal tes berpikir kritis pada pembelajaran STEM di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 138. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6524

Syarah, M. M., Rahmi, Y. L., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Penerapan Pendekatan STEM pada Pembelajaran Biologi. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 236–243. https://doi.org/10.32938/jbe.v6i3.1260

Widya, Rifandi, R., & Laila Rahmi, Y. (2019). STEM education to fulfil the 21st century demand: A literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012208


Keywords  :  
Kata Kunci: Pendekatan STEM, literasi, numerasi, gelombang bunyi dan cahaya STEM approach, literacy, numeracy, sound and light waves
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-06-03
Cara Mengutip  :  
Rofi'ah, S., Patonah, S., & Sukamto, S. (2025). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 53–57. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2867
Terbitan  :