IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini mengkaji penerapan metode pembelajaran IPA yang mengintegrasikan sains, teknologi, teknik, dan matematika atau yang disebut dengan STEM pada siswa kelas V yang mempelajari mengenai gelombang bunyi dan cahaya. Tujuan utama adalah untuk mengetahui dampak pendekatan ini terhadap kemampuan Literasi dan Numerasi siswa di SD N 1 Penganten kabupaten Grobogan. Metode yang diterapkan ialah metode pre-test, post test, serta pra eksperimen melalui pola one shoot case study design. Sesudah diberi perlakuan dengan metode pembelajaran eksperimen hasil rata-rata nilai post-test siswa ialah berpengaruh signifikan yakni 85,55 dan nilai pre-test siswa dengan rata-rata 43,66 dengan menggunakan metode pembelajaran PjBL. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa adanya perbedaan antara hasil pre-test dan post-test yang diterapkan dalam mengukur kemampuan Literasi dan Numerasi dengan pendekatan STEM dan model pembelajaran PjBL. Hasil uji t untuk dua sampel dependen menunjukkan bahwa sig < 0,05 atau 0,000<0,05. Yang artinya siswa kelas V di SD N 1 Penganten ini nilai literasi dan numerasi mereka meningkat karena menerapkan pendekatan STEM
Unduhan
Referensi
Aulia Savitri, N., Sukamto, & Patonah, S. (2024). Pengembangan Modul Ajar IPAS Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Pada Siswa Fase C.https://doi.org/10.22437/jisic.v13i2.14506
Aulya, R. A., Asyhar, R., & Yusnaidar, Y. (2021). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis PjBL-STEM untuk Pembelajaran Daring Siswa SMA pada Materi Larutan Penyangga. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 13(2), 84–91. https://doi.org/10.22437/jisic.v13i2.14506
Bustomi, Y., Rahdiat Gunadi, F., Dewi, R. S., Studi, P., Pancasila, P., Kewarganegaraan, D., & Keguruan, F. (2023). GERMABUK “GERAKAN MEMBACA BUKU” : Preventif dalam Meningkatan Nilai-Nilai Literasi Pendidikan melalui Perwujudan Sekolah yang Berkarakter (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.511
Mardhiyatirrahmah, L., Muchlas, & Marhayati. (2020). Dampak Positif dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5299
Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 34–45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819
Nastiti Meiliya, & Dwiyanti Aris. (2022). kajian literatur: literasi numerasi siswa sekolah dasar kelas atas.
Nurul Azizah, A., Sukamto, & Patonah, S. (2024). Pengembangan Modul Ajar IPAS Berbasis STEM Untuk Mewujudkan Kemandirian Siswa Fase B. In Elementary School (Vol. 11, Issue 2).
Prasetya, P. M., Parmiti, D. P., & Bayu, G. W. (2022). Terpikir STEM: Instrumen Tes Berpikir Kritis IPA Berorientasi Pendekatan STEM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 363–371. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.50063
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF).
Syadiah, A. N., & Hamdu, G. (2020). Analisis rasch untuk soal tes berpikir kritis pada pembelajaran STEM di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 138. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6524
Syarah, M. M., Rahmi, Y. L., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Penerapan Pendekatan STEM pada Pembelajaran Biologi. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 236–243. https://doi.org/10.32938/jbe.v6i3.1260
Widya, Rifandi, R., & Laila Rahmi, Y. (2019). STEM education to fulfil the 21st century demand: A literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012208
Keywords | : |
Kata Kunci:
Pendekatan STEM, literasi, numerasi, gelombang bunyi dan cahaya STEM approach, literacy, numeracy, sound and light waves
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-06-03
|
Cara Mengutip | : |
Rofi'ah, S., Patonah, S., & Sukamto, S. (2025). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 53–57. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2867
|
Terbitan | : |