ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA SD MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED

Anggraini Ani ( SD Negeri No.166/II Tirta Mulya )

Abstrak

Latarbelakang dari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa SD Negeri No. 166/II Tirta Mulya dalam belajar matematika. Hal tersebut salah satu penebabna adalah pendekatan pembelajaran yang diberikan oleh guru kurang menarik. Indikasi dari rendahnya minat belajar siswa dapat terlihat pada saat pembelajaran berlangsung, siswa banyak yang ribut sendiri, bercanda dengan temannya, melihat-lihat lingkungan luar dan saat guru memberikan rangsangan untuk bertanya, siswa tidak ada yang mengangkat tangannya. Dengan permasalahan yang ada, usaha yang bisa dilakukan dengan melakukan pembelajaran yang lebih baik. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pembelajarran open ended. Dengan pembelajaran tersebut, siswa senang karena tertantang untuk menyelesaikan banyak jawaban. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar. Data dianalisis dengan mendeskripsikan hasil pemberian angket. Hasil penelitian ini adalah dengan memberikan pembelajaran open ended, rata-rata tertinggi minat belajar siswa berada pada kategori tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akihiko, T. 2005. What is The Open-Ended Aproach. Chicago: Depault University.

Anggoro, T. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Hidayat, Puput Wahyu., & Widjajanti, Djamilah Bondan. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan CTL. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 13, nomor (1):65.

Hidayat, Puput Wahyu.2018. Analisis Profil Minat Belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Matematika SD Pada Mahasiswa S1 PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. LEMMA: Jurnal STKIP PGRI SUMBAR, Volume 4, nomor (1):62-74.

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar padaPendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Pitadjeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Safari. 2005. Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka cipta.

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-06-07
Cara Mengutip  :  
Ani, A. (2020). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA SD MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 627–632. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.281
Terbitan  :