INTEGRASI PENDEKATAN GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMAN

Umsiyah Umsiyah ( Universitas Negeri Surabaya, Indonesia )
Ketut Prasetyo ( Universitas Negeri Surabaya, Indonesia )
Sukma Perdana Prasetya ( Universitas Negeri Surabaya, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganaliisis penerapan metode  pendekatan group investigation (GI) dalam meningkatkan keterampilan analisis mobilitas penduduk di Indonesia pada pembelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Ngraho. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-postttest control group design, Data penelitian di dapatkan melalui Data penelitian ini diperoleh melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngraho, Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode GI secara signifikan meningkatkan kemampuan analisis, dengan skor yang meningkat dari 60 pada awalnya menjadi 68 pada siklus I, 75 pada siklus II, dan 82 pada siklus III. Hal ini menunjukkan keefektifannya dalam membantu siswa memahami migrasi, urbanisasi, dan distribusi penduduk. GI juga meningkatkan keterampilan sosial seperti komunikasi, kolaborasi, dan kepemimpinan. Terlepas dari tantangan awal seperti terbatasnya pemahaman tentang metode dan waktu diskusi, para siswa menjadi semakin terlibat. Penelitian ini menggarisbawahi GI sebagai pendekatan inovatif untuk meningkatkan kemampuan analisis dalam pendidikan geografi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andriani, M. (2020). Literatur review penerapan model group investigation dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Retrieved from http://etheses.uinmataram.ac.id/1513/%0Ahttp://etheses.uinmataram.ac.id/1513/1/Maulidia Andriani 160104122.pdf

Angraini, F., Walid, A., Ansyah, E., Ikhsan, A., & Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu, U. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Menumbuhkan HOTS di SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 33–40. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.679

Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, D. T. R. I. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Guswita, R., Aprizan, A., & Subhanadri, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Dengan Menggunakan Strategi Quantum Reading Pada Siswa Kelas V Sdit Al Akhyar Kabupaten Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 90–97. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.744

Haryono Eko Rangkuti Rizki Kurniawan, Sariman, S. S. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif . Https://Www.Rcipress.Rcipublisher.Org/Index.Php/Rcipress/Catalog/Book/949. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Kamaruddin, S. A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Mobilitas Sosial Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Kelas XI SMA. Seminar Nasional LPPM UMMAT: Universitas Muhammadiyah Mataram, 1, 1–8.

Kemdikbud. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi, 9.https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2363

Kemendikbud. (2024). Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Permendikbud Ristek Nomor 12 Tahun 2024, 1–26.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Lasaiba, M. A. (2023). GEOFORUM. Jurnal Geografi dan Pendidikan Geografi Geografi Manusia dalam Konteks Perspektif Spasial Human Geography in the Context of Spatial Perspective. GEOFORUM. Jurnal Geografi Dan Pendidikan Geografi , 2(2), 81–99. https://doi.org/10.30598/geoforumvol2iss2pp81-99

Mahardika, S. P., Hidayati, S. N., & Aulia, E. V. (2024). Efektivitas Discovery Learning Berorientasi Video Microlearning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(4). https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i4-1

Mirna, M., Mudjiran, M., Aysi, R., & Murni, D. (2023). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 96–107. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1054

Moleong, L. J., Moleong, & J, L. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (35th ed.). Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Muliyantini, N. L. P., & Parmiti, D. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8830

Musthofa, S., Prasetyo, K., & Purnomo, N. H. (2019). The Effect of Problem Based Learning Models on Learning Outcomes and Problem Solving Skills of Students. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 9(10), p9473. https://doi.org/10.29322/IJSRP.9.10.2019.p9473

Nurhadi, D. (2003). Pembelajaran Kotekstual (Cooperative Learning di Ruang Kelas). Jakarta: Gramedia.

Prasetya, S. P. (2016). Pengaruh karakteristik siswa terhadap hasil belajar BT - Seminar Nasional Bimbingan Konseling.

Rainald, B., & Matthias, W. (2018). Spatial and social mobility. Journal of Regional Science, 58(4), 688–704. https://doi.org/10.1111/jors.12382

Ririn, R., & Zuhdi, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Syntax Idea, 3(4), 916–925. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i4.1172

Sriani, N. N. O. B., Suadnyana, I. N., & Komang Ngurah Wiyasa. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (Poe) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7459

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Ke-2). Bandung: Alfabeta.

Susanti, E., Sutisnawati, A., Nurasiah, I., & Kritis, B. (2019). Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas Tinggi. Jurnal Kependidikan Utile, V(2), 123–133.https://doi.org/10.37150/jut.v5i2.492

Waseso, H. P., Sekarinasih, A., & Prasetyo, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Sains dalam Kurikulum Merdeka : Membangun Kemandirian Berpikir Siswa Sekolah Dasar, 4(4).https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i4-8

Widyaningrum, M. E., & Endang Siswati. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. (Muslichah Erma Widiana, Ed.), UBHARA MANAJEMEN PRESS) (Pertama, Vol. 11). Surabaya: UBHARA MANAJEMEN PRESS. Retrieved from http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari


Keywords  :  
Kata Kunci: Group Investigasi;, Hasil Belajar Geografi; Group Investigation;, Geography Learning Outcomes;
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-06-03
Cara Mengutip  :  
Umsiyah, U., Prasetyo, K., & Perdana Prasetya, S. (2025). INTEGRASI PENDEKATAN GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMAN. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 75–82. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2805
Terbitan  :