MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI SEKOLAH DASAR

Tri wiyoko ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Aprizan Aprizan ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Puji lasmono ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V untuk bidang IPA dan rendahnya aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SD 130 / II Pasir Putih Muara Bungo. Penelitian dilaksanakan secara dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa dan pertanyaan esai. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I rata-rata 79,98% dan pada siklus II mencapai 90,77% dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya siswa yang tuntas hasil belajarnya meningkat sebesar 87,5% dengan kriteria sangat baik. Jadi penerapan model Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa di kelas V SD 130 / II Pasir Putih Muara Bungo.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aji, H. W. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Rasa Ingin Tahu Terhadap Prestasi Belajar Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 20(7), 1934–1939.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Renika Cipta.

Asmawati. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Kelas VI SD Negeri 62/II Padang Lalang Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization). Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 258–267.

Belina, S., Sudarmi, & sumadi. (2018). Penerapan Model Course Review Horay Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penenlitian Geogarfi, 6(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/14949

Hamdani. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Belajar.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru (cet-2). Kata Pena.

Kusfabianto, I. J., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 3(2), 6. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.992

Mediatati, Nani, & Suryaningsih, Istiana. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113–121.

Nurhayati. (2013). Pengaruh Keaktifan Interaksi Siswa Dengan Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir. [Skripsi]. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Puspita, Y. T. (2012). Pengaruh Perhatian Siswa Dalam Pembelajaran Terhada Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggisekolah Dasar Se-Gugus Iv Kecamatan Pengasih Tahun Ajaran 2011/2012. [Skripsi], Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Keywords  :  
Kata Kunci: Model Course Review Horay, Aktivitas, Hasil Belajar Model Course Review Horay, Activities, Learning Outcomes
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-06-07
Cara Mengutip  :  
wiyoko, T., Aprizan, A., & lasmono, P. (2020). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 609–618. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.278
Terbitan  :