MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 MUARA BUNGO

Yesi Novianti ( SMP NEGERI 1 MUARA BUNGO )

Abstrak

Penguasaan kosakata bahasa Inggris di kelas VII.4 di SMPN 1 Muara Bungo masih rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media kartu gambar untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas VII.4 SMPN 1 Muara Bungo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian berjumlah 29 siswa. Desain penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus tindakan terdiri dari perencanaan, perlakuan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, soal, dan lembar catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media kartu gambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada aspek membaca kosakata dan melafalkan kosakata. Selain itu membantu siswa untuk membaca kosakata secara individu dalam kelompok dengan baik. (2) Penggunaan media kartu gambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes meningkat sebesar 17,2 % pada siklus I, serta ketuntasan siswa hasil tes pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 17,3%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andika Pratiwi & Gartika Rahmasari. (2011). How to Write in English Correctly. Bekasi: Laskar Aksara.

Carpenter, S. K., & Olson, K. M. (2012). Are pictures good for learning new vocabulary in a foreign language? Only if you think they are not. Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition, 38(1), 92–101. https://doi.org/10.1037/a0024828

Dwi Siswoyo. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Saputra, D. I. M., & Putra, A. E. (2019). Meningkatkan Keterampilan Ball Control Sepak Bola Melalui Media Dinding. Jurnal Muara Olahraga, 2(1), 187-198.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Surini, S. (2018). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Media Pembelajaran Kartu di MAN 1 Gunungkidul Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2), 423–431.

Wijaya Kusumah & Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks.

Yusran Pora. (2003). Enrich Our Vocabulary Through Reading and Idioms. Yogyakarta: Pustaka pelajar.


Keywords  :  
Kata Kunci: Media kartu gambar, kosakata, Bahasa Inggris picture card media, vocabulary, English
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-06-07
Cara Mengutip  :  
Novianti, Y. (2020). MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 551–556. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.277
Terbitan  :