PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG

Apriana Apriana Apriana ( Universitas Muhammadiyah Palembang )
Sri Mulyati ( SMA Negeri 8 Palembang )

Abstrak

Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kebanyakan peserta didik sering kali merasa jenuh, malas, mengantuk, dan bosen terhadap pelajaran sejarah. Oleh sebab itu,penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 8 Palembang”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisas data output “Test Statistic” diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima”. Artinya ada perbedaan antara hasil belajar pretest dan posttest, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 8 Palembang”.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta. Renika Cipta.

Buzan, Tony. (2003). Use Both Sides of Your Brain. Surabaya : Ikon

Bobby Deporter dan Mike Hernarcki. (2011). Quantum Learning. Bandung : Kaifa.

Hernadi. Edi. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction di Kelas XII IPS. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah. Dari: http:/jurnal.unsil.ac.id/index.php/bihari

Hugiono. (1991). Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Handayani, Ramoni. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Gelumbang. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah. https://jurnal.univprgi-palembang.ac. id /index.php/Kalpa

Svantesson, Ingemar. (2004). Learning Maps and Memory Skill. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Utari, Shela Dwi. (2019). Penerapan Teams Game Tournament dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X SMAN 1 Purwosari. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia. http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index


Keywords  :  
Kata Kunci: Pengaruh;, Mind Maping, Hasil Belajar Influence, Mind Mapping, Learning Outcomes, Influence;, Mind Maping;, Learning Outcomes
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-11-20
Cara Mengutip  :  
Apriana, A. A., & Mulyati, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 533–538. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.273
Terbitan  :