IMPLEMENTASI UNPLUGGED CODING GAMES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANAK USIA DINI

Eka Putri Sulistia Hutabarat ( UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia )
Raden Rachmy Diana ( UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia )
Afriya Sri Rezeki ( Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, Indonesia )

Abstrak

Mengenal anak pada teknologi terutama komputer sangat penting untuk dilakukan  sebagai bekal untuk anak dalam menghadapi tantangan dimasa depan serta meningkatkan kemampuan berpikirnya. Pembelajaran tersebut dapat dilakukan melalui suatu permainan dan tanpa menggunakan perangkat teknologi atau yang disebut dengan unplugged coding games. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi unplugged coding games dalam meningkatkan kemampuan berpikir. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui jenis penelitian lapangan yang dilakukan di PAUD Harapan Ummat Medan Polonia dengan sumber data 1 kepala sekolah, 2 guru dan 15 anak dari kelas mekah. Hasil dari penelitian menemukan bahwa dalam pelaksanaannya kegiatan unplugged coding games dimasukan kedalam kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan unplugged coding games yang dilakukan berupa permainan tradisional engklek, tansoa (tangga anak sholeh-sholeha), origami, bermain puzzle berbasis loosepart, menggabungkan titik, mewarnai gambar dengan kode, mengisi angka yang hilang dan memecahkan kode rahasia dengan menggunakan angka dan huruf. Dengan mengimplementasikan unplugged coding games dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak sehingga anak mampu menunjukkan sikap aktif bertanya, memahami arahan, berani mencoba kembali ketika mengalami kegagalan, menunjukan ide/gagasan, mengenali dan menyelesaikan masalah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Chen, P., Yang, D., Metwally, A. H. S., Lavonen, J., & Wang, X. (2023). Fostering computational thinking through unplugged activities: A systematic literature review and meta-analysis. International Journal of STEM Education. https://doi.org/10.1186/s40594-023-00434-7

Delal, H., & Oner, D. (2020). Developing Middle School Students’ Computational Thinking Skills Using Unplugged Computing Activities. Informatics in Education, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.15388/infedu.2020.01

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). PT. Global Eksekutif Teknologi. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Fitriyah, Q. F., Saputri, L. R., & Aljawad, H. I. (2023). Praktik unplugged coding berbasis daily lives dalam meningkatkan computational thinking pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 12(2), 176–185.

Hasbi, M., Nugraha, A., Mudarwan, Mumpuni, N. D., Warsito, I. H., & Sylvia, N. (2020). Penerapan Penilaian Pembelajaran dalam Pembelajaran Coding di Satuan PAUD. In kementerian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Huang, W., & Looi, C.-K. (2021). A Critical Review of Literature on “Unplugged” Pedagogies in K-12 Computer Science and Computational Thinking Education. Computer Science Education, 31(1), 83–111. https://doi.org/10.1080/08993408.2020.1789411

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar Dan Jenjang Pendidikan Men, Kemendikbudristek (2022). Laman litbang.kemdikbud.go.id

Munawar, M., Suciati, S., Saputro, B. A., & Luthfy, P. A. (2023). Evaluasi Program Literasi Digital di PAUD Melalui Robokids STEAM Coding Game. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1836–1846. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4140

Munoz, J. del olmo, Gutierrez, R. C., & Gonzale-Calero, J. A. (2020). Computational thinking through unplugged activities in early years of Primary Education. Computer & Education, 150. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103832

Mutoharoh, Hufad, A., Faturrohman, M., & Rusdiyani, I. (2021). Unplugged Coding Activities for Early Childhood Problem-Solving Skills. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 121–140. https://doi.org/10.21009/JPUD.151.07

Mutoharoh, Munawar, M., & Diyah, D. P. (2023). Kegiatan Unplugged Coding Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir logis dan Kritis Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini “Transisi Paud Ke SD Yang Menyenangkan.”

Nurhopipah, A., Suhaman, J., & Humanita, M. T. (2021). Pembelajaran Ilmu Komputer Tanpa Komputer (Unplugged Activities) Untuk Melatih Keterampilan Logika Anak. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2603–2614. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5825

Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indoneria Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Prndidikan Dasar Dan Jenjang Pendidikan Menengah (2022).

Rahmawati, I., & Agustin, M. (2024). Kegiatan Bermain Menggunakan Pendekatan Unplugged Coding dalam Pendidikan Anak Usia Dini : Sebuah Tinjauan Sistematis. Abna: Journal of Islamic Early Chilhood Education, 5(2), 127–142. https://doi.org/10.22515/abna.v5i2.10010

Sitanggang, M. (2022). CODING. Https://Www.Gurusiana.Id/Read/Meidasitanggang/Article/Coding-5404011. https://www.gurusiana.id/read/meidasitanggang/article/coding-5404011

Syafnita, T., Akip, M., Mukhlisin, Kardinus, W. N., & Bhokia, H. (2022). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Threekunprapa, A., & Yasri, P. (2020). Unplugged Coding Using Flowblocks for Promoting Computational Thinking and Programming among Secondary School Students. International Journal of Instruction, 13(3), 207–222. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13314a

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Keywords  :  
Kata Kunci: Unplugged Coding Games;, Kemampuan Berpikir;, Anak Usia Dini; Unplugged Coding Games;, Early Childhood;, Logic Skills
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-06-06
Cara Mengutip  :  
Hutabarat, E. P. S., Rachmy Diana, R., & Sri Rezeki, A. (2025). IMPLEMENTASI UNPLUGGED CODING GAMES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANAK USIA DINI. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 138–146. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2690
Terbitan  :