STRATEGI PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DISIPLIN SISWA
Abstrak
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan tentang strategi guru kelas yang efektif dalam menumbuhkan sikap disiplin siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan subjek penelitian adalah guru kelas tinggi SDN 211/IX Mendalo Darat sebanyak tiga orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara serta dianalisis dengan cara pengklasifikasian data, reduksi data, menyajian dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan strategi pengelolaan kelas yang efektif dilakukan guru dalam menumbuhkan sikap disiplin siswa tercermin dari pengoptimalan pengelolaan kelas, pengaturan tempat duduk yang hetrogen, memainkan intonasi suara saat pembelajaran, dan kehadiran siswa masuk kelas dengan tepat waktu. Penelitian memberikan kesimpulan bahwa sikap disiplin siswa dapat ditumbuhkan dengan strategi guru dalam pengelolaan kelas yang efektif.
Unduhan
Referensi
Djabidi.F. (2016). Manajemen Pengelolaan Kelas. Malang: Madani.
Gunawan.I. (2019). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasinya.. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif.Jakarta: GP Press
Kemendikbud. (2016). Penilaian untuk Sekolah Dasar
Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016) .Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Volume 6 No 2.
Narwanti S. (2013). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.
Permendikbud No 45 Tahun 2014 tentang pakaian seragam sekolah bagi siswa sekolah dasar.
Permendiknas No 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.
Rofiq, A. (2009).Pengelolaan kelas. Malang:Direktorat Jendral PMPTK.
Sudarsana,I. K. (2016). Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Alam Terbuka. Prosiding Nasional.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
TIM Dosen Administrasi Pendidikan. (2009). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Strategi guru;, Disiplin;, Pengelolaan Kelas Teacher strategy;, Discipline;, Classroom Management;
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2020-06-07
|
Cara Mengutip | : |
Yantoro, Y. (2020). STRATEGI PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DISIPLIN SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586–592. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.265
|
Terbitan | : |