UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Megawati megawati ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Sisca Oktavia ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas pembelajaran IPA yang masih rendah, sehingga berdampak pada hasil belajar yang tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses keterlaksanaan dan pencapaian hasil belajar IPA setiap siklus tindakan melalui penerapan model CTL. Penelitian ini merupakan penelitian  tindakan kelas yang  dilaksanakan di SDN Negeri 17/II Tanah Tumbuh dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas III. Instrumen penelitian berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan soal tes hasil belajar.  Penelitian ini berhasil dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan. Setiap siklus tindakan mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase keberhasilan proses mengajar guru pada siklus I mencapai 69%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 70%, dan pada siklus III berhasil meningkat mencapai 80%. Persentase keberhasilan proses belajar siswa pada siklus I mencapai 74%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 78%, dan pada siklus III berhasil meningkat mencapai 85%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 67%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 73%, dan pada siklus III berhasil meningkat mencapai 87%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran CTL.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ariestuti, Putu Dewi. (2014). Penerapan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 3 Tonja. Jurnal Mimbar PGSD. Vol: 02 No: 1.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernawati, Yulia Dwi. (2014). Peningkatan Prestasi Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran CTL Pada Siswa Kelas VA SD Model Kabupaten Sleman. Skripsi. Prodi PGSD FIP UNY.

Jhonson, Elaine B. (2014). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Kaifa.

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Maghfiroh, Leny. (2014). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PGSD. Vol:02 No:02.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Srategi dan Implementasi Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zainal, Aqib, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung:Yrama Widya.


Keywords  :  
Kata Kunci: Hasil Belajar;, IPA;, CTL Learning Outcomes;, IPA;, CTL
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-06-07
Cara Mengutip  :  
megawati, M., & Oktavia, S. (2020). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 593–601. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.264
Terbitan  :