PENGARUH MEDIA VIRTUAL PHET BERDIFERENSIASI GAYA BELAJAR TERHADAP LITERASI SAINS
Abstrak
Rendahnya literasi sains siswa masih perlu dipehatikan. Penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan skor literasi sains bedasarkan pemberian perlakuan berupa penggunaan media PhET berdiferensiasi gaya belajar. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VI SDN Pandian 1 sebanyak 25 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimental dengan desain studi kasus one shot. Instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes kognitif untuk mengukur literasi sains siswa dengan teknik analisis data uji one way anova dengan SPSS versi 20. Sebelumnya dilakukan terlebih dahulu uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis hipotesis one-way ANOVA menunjukkan bahwa media virtual PhET dengan diferensiasi gaya belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap literasi sains. Hasil analisis menunjukkan nilai Sig sebesar 0,000, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05.Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan skor literasi sains siswa dengan gaya belajar visual, auditory, dan kinestetik.
Unduhan
Referensi
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Alfarez, D. A., & Ramadhan, M. R. (2023). Anova dan Tukey HSD Perbandingan Produksi Padi Antara Tiga Kabupaten di Provinsi Jambi. Multi Proximity: Jurnal Statistika, 2(1), 23–31.
Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Edukatif Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 14–23. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1071
Hassan Mohammad. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.
Khusniyah, T. W. J. N. S. , M. , R. A. (2022). Pemanfaatan Laboratorium Virtual IPA Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa SDN 1 Telogotuwung Blora. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 95–99. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.6378
Ranty, D., & Zuhdi, M. (2023). Scientific Literacy Profile in The Maritime Context of Senior High School Students in Dumai. Journal of Indonesian Science Teachers, 1(1), 36–46.
Saodah, S., Pratiwi, A. R., Pratiwi, S. A., & Halimah, S. (2020). Pengunaan Media dalam Pembelajaran PKn SD. Pandawa, 2(3), 386–395.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh penggunaan media bervariasi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103–107. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6454
Wisma. (2022). Aplikasi PhET, Pilihan Simulasi Pembelajaran IPA. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Gaya Belajar; Literasi Sains; PhET; Learning Styles; Science Literacy; PhET
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-12-24
|
Cara Mengutip | : |
Dian Rahmawati, I. (2024). PENGARUH MEDIA VIRTUAL PHET BERDIFERENSIASI GAYA BELAJAR TERHADAP LITERASI SAINS. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 482–486. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2626
|
Terbitan | : |