PANDANGAN FILSAFAT TERHADAP ILMU KEOLAHRAGAAN PADA PENDIDIKAN GENERASI Z
Abstrak
Filsafat Olahraga menjadi cabang dari ilmu filsafat yang menganalisis konsep olahraga sebagai bagian dari aktivitas manusia. Filsafat olahraga dalam perkembangannya membahas tentang topik metafisika, filsafat etika dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep dasar filsafat ilmu olahraga pada Pendidikan generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode studi literature dengan pengumpulan data sekunder dari buku dan artikel ilmiah. Hasil penelitian studi kepustakaan ini menunjukkan pentingnya dalam melakukan penelitian dalam bentuk pencarian informasi tentang olahraga di zaman sekarang menurut pandangan filsafat olahraga. Filsafat dan Pendidikan memiliki hubungan erat untuk menyadarkan setiap individu agar mempunyai pemikirian kritis yang bersifat membangun. Sejalan dengan itu, kegiatan belajar dalam olahraga untuk generasi Z harus mengedepankan kerjasama serta meminimalisir persaingan yang tidak sprotif demi kemajuan bersama. Kemudian generasi Z harus memiliki motivasi dalam mendukung kualitas pendidikan olahraga. Sehingga penting bagi setiap generasi Z untuk menjadikan filsafat olaharaga sebagai landasan dalam praktik pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Anies R. Basedan. (2014). Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia pendidikan Indonesia. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia
Deklarasi Surabaya. (2014). Seminar dan Lokakarya Nasional Filsafat dan Ilmu Keolahragaan.
Dwi, S. (2018). Arti Pendidikan dan Batas-batas Pendidikan. UNY Press.
Gutek, & Gerald. (2012). Philosophical and ideological perspectives on education. Prentice Hall Inc.
Haag. (2012). Comparative Sport Pedagogy – Comparative Education: A Basic Interrelationship Within Educational Sciences. In Comparative Physical Education and Sport (Vol. 3). Human Kinetics Publishers, Inc.
Louis, K. (2013). Pengantar Filsafat. Tiara Wacana.Penerjemah: Soejono Soemargono.
Sorell, T. (2017). Experimental Philosophy and the history of philosophy,. British Journal for the History of Philosophy. https://doi.org/10.1080/09608788.2017.1320971
Suriasumantri, & Jujun. (2011). Ilmu Dalam Perspektif (Vol. 9, Issue Suppl 1). Gramedia.
Wilcock. (2015). Development of a personal, professional and educational occupational philosophy: an Australian perspective. Occupational Therapy International, 7(2), 79–86. https://doi.org/10.1002/oti.108
Keywords | : |
Kata Kunci:
Filsafat Ilmu; Ilmu Keolahragaan; Generasi Z Philosophy of Science; Sports Science; Generation Z
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-12-10
|
Cara Mengutip | : |
Maulana Putra, I. (2024). PANDANGAN FILSAFAT TERHADAP ILMU KEOLAHRAGAAN PADA PENDIDIKAN GENERASI Z. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 417–422. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2597
|
Terbitan | : |