PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SMP

Dewi Rosita ( Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia )
Isnaynun Isnaynun ( Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia )
Reza Andrea ( Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Indonesia )
Angga Pratama ( Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia )

Abstrak

Terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif pada saat proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran informatika di SMP sehingga menurunkan minat belajar siswa. Sebuah wujud penggunaan teknologi yang dapat digunakan di bidang pendidikan adalah mengembangkan website sebagai media e-learning. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis website dan menganalisis tingkat literasi digital pada siswa SMP. Penelitian  ini  adalah  penelitian  pengembangan  (R&D)  dengan  model  Brog and Gall  yang  memiliki tahapan berupa Analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi, uji coba, revisi produk pertama, revisi produk kedua, uji keefektifan dan desiminasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari  validasi ahli materi diperoleh nilai 4,7 dengan kategori “Sangat Layak” untuk hasil validasi 3 ahli media diperoleh nilai 4,8 dengan kategori “Sangat Layak” dan untuk hasil validasi siswa diperoleh nilai 4,6 dengan kategori “Sangat Layak” sehingga hasil keseluruhan diperoleh nilai 4,6 dengan kategori “Sangat Layak”. Kemudian analisis tingkat literasi digital siswa SMP sebanyak 102 orang diperoleh nilai presentase Digital Skill 82% dengan kategori “Sangat Tinggi”, Digital Safety 71% dengan kategori “Tinggi”, Digital Ethics 83% dengan kategori “ Sangat Tinggi” dan Digital Culture 82% dengan kategori “Sangat Tinggi”.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amaliah, R. (2023). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Literasi Digital Peserta Didik Sekolah Dasar. Repository.Uinjkt.Ac.Id.

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019

Ministry of Communications and Informatics. (2022). Digital Literacy Status in 2021-2022. November, 205-207.https://www.c2es.org/content/renewable-energy/

Oetomo, R. K., Pamungkas, P. D. A., & Septianingsih, N. (2023). Literasi Digital Mahasiswa Menggunakan Kerangka Pengukuran Literasi Digital Kominfo. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 73–83. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.356

Oktavia, R. (2021). Tingkat Literasi Digital Siswa Ditinjau Dari Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi Pada Siswa Mengengah Atas (Sma) Kecamatan Kuala Nagan Raya. Bionatural, VII(2), 26–34.

Pratomo, W., Nadziroh, & Chairiyah. (2022). Pengembangan Aplikasi Google Sites sebagai Penguatan Literasi Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 3 Karanganyar. Jurnal Pekan, 7(1), 1–14.https://doi.org/10.31932/jpk.v7i1.1627

Ridoh, A. ., Aminuddin, F. H. ., Wiyoko, T., Putra, Y. I. ., Putra, T. A. ., & Azwan , M. . (2024). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru melalui Digitalisasi Pembelajaran di Pendidikan Menengah Kejuruan. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 2020–2031. https://doi.org/10.33379/icom.v4i3.5200

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Alvabeta. CV. https://www.academia.edu/118903676/Metode_Penelitian_Kuantitatif_Kualitatif_dan_R_and_D_Prof_Sugiono

Tarumasely, Y. (2022). Pengaruh Self Regulated Learning dan Digital Literacy Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 536–553. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.434

Zulqadri, D. M., & Nurgiyantoro, B. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Dan Literasi Digital Siswa Kelas V SD/MI. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 25(1), 103–https://doi.org/10.17933/iptekkom.25.1.2023.103-120


Keywords  :  
Kata Kunci: Website, Informatika, Literasi Digital Website, Informatics, Digital Literacy
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-06-03
Cara Mengutip  :  
Rosita, D., Isnaynun, I., Andrea, R., & Pratama, A. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 39–44. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2596
Terbitan  :