FILSAFAT HUMANISME ABRAHAM MASLOW DALAM PERSEPEKTIF PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Tri Wiyoko ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )

Abstrak

Filsafat Humanisme dalam pemikiran Abraham Maslow dengan hirarki kebutuhan individu memberikan konsep Pendidikan yang sangat menghargai perkembangan manusia. Hal ini sangat bersesuaian dengan Pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan dari penulisan artikel ini untuk mendeskripsikan konsep pembelajaran berdiferensiasi ditinjau dari perspektif filsafat pendidikan humanism. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode studi literatur untuk mengumpulkan literatur berkaitan dengan pembelajaran berdifrensiasi dan filsafat humanism Abraham maslow. Selanjutnya referensi yang terkumpul akan disintesis sehingga dapat memberikan informasi secara logis dan bermakna dan dianalisis secara deskriptif argumentatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa filsafat humanisme dari pemikiran Abraham Maslow sangat relevan untuk diimplementasikan dalam pembelajaran berdiferensiasi. Pemenuhan kebutuhan dalam pembelajaran berdiferensiasi sangat ditentukan dari tingkatan kebutuhan peserta didik. Dengan menyediakan diferensiasi konten, proses, produk, dan lingkungan belajar yang nyaman, maka kebutuhan peserta didik dapat terpenuhi. Oleh karena itu, pembelajaran berdiferensiasi dapat mewujudkan proses pembelajaran yang memanusiakan peserta didik dengan menerapkan hirarki kebutuhan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alaghmand, S., Mozaffar, F., Hosseini, S. B., & Sedghpour, B. S. (2018). Investigating Factors Affecting Students’ Self-Actualization At University Spaces. Revista Romaneasca pentru Educatie Multidimensionala, 10(1.SP), 1. https://doi.org/10.18662/rrem/32

Ariani, W. A., Kurniah, R., & Jannah, N. (2022). Pengaruh Kebutuhan Aktualisasi Diri terhadap Potensi Bakat Siswa SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2), 314–319.

Bagoes Malik Alindra, A. M., & Amin, J. M. (2021). Tokoh-Tokoh Teori Belajar Humanistik Dan Urgensinya Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 2021.

Dhera, M. M., Ti’a, E., Lawe, Y. U., & Sego, M. I. S. (2024). Analisis Kebutuhan Siswa serta Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.827

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam perspektif progresivisme pada mata pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 9. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249

Insani, F. D. (2019). Teori Belajar Humanistik Abraham Maslow Dan Carl Rogers Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(2), 209–230. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i2.140

Muazaroh, S., & Subaidi, S. (2019). Kebutuhan Manusia Dalam Pemikiran Abraham Maslow (Tinjauan Maqasid Syariah). Al-Mazaahib: Jurnal Perbandingan Hukum, 7(1), 17. https://doi.org/10.14421/al-mazaahib.v7i1.1877

Nahdiyah, A. C. F., Prasetyo, S., Wulandari, N. F., & Chairy, A. (2023). Konsep Pendidikan Perspektif Filsafat Humanisme dalam Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka ( MBKM ). Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 143–151. https://doi.org/10.23887/jfi.v6i2.56092

Ningsih, E. P., & Rasyid, H. (2023). Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 5123–5132. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3834

Pozas, M., Letzel, V., Lindner, K. T., & Schwab, S. (2021). DI (Differentiated Instruction) Does Matter! The Effects of DI on Secondary School Students’ Well-Being, Social Inclusion and Academic Self-Concept. Frontiers in Education, 6(December), 1–11. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.729027

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). In Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitiaan. In Antasari Press (Vol. 44, Nomor 8). https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/Pengantar Metodologi Penelitian.pdf

Ramadhani, M. A., & Isom, M. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen RA, MI, MTs, MA dan MAK. In Direktur KSKK Madrasah.

Resal, A., Rahman, S. A., & Rukayah, R. (2022). Pengaruh Lingkungan Pendidikan Terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 103. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.30995

Salsabila, P. S., & Nareswari, S. (2023). Pengaruh Sarapan terhadap Konsentrasi Belajar. Medical Profession Journal of Lampung, 13(1), 146–150. https://doi.org/10.53089/medula.v13i1.593

Tomlinson, C. A. (2017). The Rationale for Differentiating Instruction in Academically Diverse Classrooms. Differentiate Instruction : in Academically Diverse Classooms, 12–18. http://www.ascd.org/ASCD/pdf/siteASCD/publications/books/HowtoDifferentiateInstructioninAcademicallyDiverseClassrooms-3rdEd.pdf


Keywords  :  
Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi; Humanisme; Abraham Maslow; Differentiated Learning; Humanism; Abraham Maslow
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-05
Cara Mengutip  :  
Wiyoko, T. (2024). FILSAFAT HUMANISME ABRAHAM MASLOW DALAM PERSEPEKTIF PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 337–343. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2484
Terbitan  :