POSITIVISME: LANDASAN FILOSOFIS DAN IMPLIKASINYA PADA METODE ILMIAH

Rully Andi Yaksa ( Universitas Jambi, Indonesia )
Yundi Fitrah ( Universitas Jambi, Indonesia )
Ade Kusuma ( Universitas Jambi, Indonesia )
Bunga Ayu Wulandari ( Universitas Jambi, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi positivisme terhadap metode ilmiah melalui kajian literatur. Positivisme, sebagai aliran filsafat yang berkembang pada abad ke-19 oleh Auguste Comte, menekankan pentingnya observasi empiris, verifikasi, dan objektivitas dalam memperoleh pengetahuan ilmiah. Kajian ini penting karena memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana positivisme mempengaruhi metode ilmiah dan bagaimana metode ini berkembang dan digunakan di dunia akademik kontemporer. Melalui studi literatur, penelitian ini membahas sejarah positivisme, prinsip-prinsip utamanya, serta kontribusinya terhadap metode ilmiah, baik dalam ilmu alam maupun ilmu sosial. Selain itu, kritik terhadap positivisme dari filsuf seperti Karl Popper dan Thomas Kuhn juga dianalisis, terutama terkait dengan keterbatasan positivisme dalam menangani fenomena kompleks dan subjektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun positivisme telah memainkan peran penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan, pendekatan post-positivisme yang lebih fleksibel kini semakin relevan dalam menjawab tantangan penelitian ilmiah masa kini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, M., Shah, A.A. and Shah, S.A.A. (2021) ‘Positivism and interpretivism’, Qlantic Journal of Social Sciences, 2(1), pp. 20–26. https://doi.org/10.55737/qjss.928180731

Azhari, C.A. et al. (2024) Kajian Strategik Manajemen Pendidikan Tinggi dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Seval Literindo Kreasi. https://doi.org/10.31237/osf.io/mh6q3

Black, M. (1944) ‘Ernest Nagel. Russell’s philosophy of science. The philosophy of Bertrand Russell, edited by Paul Arthur Schilpp, Northwestern University, Evanston and Chicago1944, pp. 317–349.’, The Journal of Symbolic Logic, 9(3), pp. 79–80. https://doi.org/10.2307/2267901

Comte, A. and Bridges, J.H. (1910) Republic of the West, Order and Progress: A General View of Positivism, Or, Summary Exposition of the System of Thought and Life. Adapted to the Great Western Republic, Formed of the Five Advanced Nations, the French, Italian, Spanish, British and German,. Routledge.

Danial, E. and Wasriah, N. (2009) ‘Metode penulisan karya ilmiah’, Bandung: Laboraturium Pendidikan Kewarganegaraan [Preprint].

Gilmer, P.J. (1995) ‘Commentary and criticism on scientific positivism’, Science and Engineering Ethics, 1, pp. 71–72. https://doi.org/10.1007/BF02628699

Guba, E.G. (1990) ‘The alternative paradigm dialog. In. EG Guba.(ed). The paradigm dialog’. Sage, Newbury Park, CA.

Kilborne, B. (1992) ‘Positivism and its vicissitudes: The role of faith in the social sciences’, Journal of the History of the Behavioral Sciences, 28(4), pp. 352–370. https://doi.org/10.1002/1520-6696(199210)28:4<352::AID-JHBS2300280404>3.0.CO;2-2

Kuhn, T.S. (1997) The structure of scientific revolutions. University of Chicago press Chicago.

Maretha, C. (2023) ‘Positivism in Philosophical Studies’, Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 3(3), pp. 124–138. https://doi.org/10.52690/jitim.v3i3.716

Maulana, Z.A. (2022). Konsep Filsafat Positivisme Perspektif Auguste Comte. Jurnal El-Hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan, 7(3), pp. 31–40.

Park, Y.S., Konge, L. and Artino Jr, A.R. (2020). The positivism paradigm of research. Academic medicine, 95(5), pp. 690–694. https://doi.org/10.1097/ACM.0000000000003093

Popper, K. (2005) The logic of scientific discovery. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203994627

Ryan, G. (2018) ‘Introduction to positivism, interpretivism and critical theory’, Nurse researcher, 25(4), pp. 41–49. https://doi.org/10.7748/nr.2018.e1562

Siponen, M. and Tsohou, A. (2018). Demystifying the influential IS legends of positivism. Journal of the Association for Information Systems, 19(7).

Smelser, N.J. and Baltes, P.B. (2001) International encyclopedia of the social & behavioral sciences. Elsevier Amsterdam.

Surawardi, S. and Maulidi, A.R. (2022). Filsafat Positivisme dan Ilmu Pengetahuan Serta Perannya Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan, 8(1), pp. 36–50. https://doi.org/10.24235/jy.v8i1.9771


Keywords  :  
Kata Kunci: Positivisme; Metode Ilmiah; Auguste Comte; Post-Positivisme; Karl Popper; Thomas Kuhn; positivism; scientific method; Auguste Comte; post-positivism; Karl Popper; Thomas Kuhn
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-05
Cara Mengutip  :  
Andi Yaksa, R., Fitrah, Y., Kusuma, A., & Ayu Wulandari, B. (2024). POSITIVISME: LANDASAN FILOSOFIS DAN IMPLIKASINYA PADA METODE ILMIAH. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 316–320. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2471
Terbitan  :