PENGEMBANGAN BUKU ILUSTRASI MODIFIKASI PERILAKU ASERTIF: UPAYA PREVENTIF PELECEHAN SEKSUAL PADA ANAK
Abstrak
Urgensi penelitian ini adalah mengurangi intesitas korban pelecehan seksual yang terjadi pada anak-anak usia Sekolah Dasar dengan meningkatkan perilaku asertif melalui penerapan modifikasi perilaku teknik modelling oleh Ibu yang berpedoman pada buku ilustrasi yang didesain khusus agar mudah dipahami dan diterapkan oleh Anggota keluarga terutama Ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku “Buku Ilustrasi perilaku Asertif : Upaya Preventif Pelecehan seksual” untuk Orangtua (Ibu) yang memiliki anak usia Sekolah Dasar. Peneliti menggunakan metode penelitian reseach and development (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu define, design, development, dan dissemination. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan buku ilustrasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Validitas buku ilustrasi dinyatakan sangat valid pada aspek materi dan aspek media (2) Praktikalitas berdasarkan respon orangtua dan anak dinyatakan sangat sangat praktis digunakan. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa buku ilustrasi ini sangat valid dan sangat praktis, sehingga dapat dilakukan uji selanjutnya untuk meneliti keefektifan dari buku ilustrasi.
Unduhan
Referensi
Alawiah, N. A. (2020). Perancangan Media Edukasi Seks Terhadap Anak Usia Dini. Fakultas Seni Dan Desain.
Andriyani, R. D., Naqiyah, N., Ag, S., & Laksmiwati, H. (2013). Pengembangan Media Permainan Lingkaran Aksi Asertif Pada Siswa Smp Negeri 1 Sidayu. Jurnal Bk Unesa, 2(1), 61–67.
Cecep, C., & Humaedi, S. (2018). Mengatasi Dan Mencegah Tindak Kekerasan Seksual Pada Perempuan Dengan Pelatihan Asertif. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 48–55. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i1.16035
Elfarini, R. S. (2013). Pengembangan Media Monopoli Asertif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Perilaku Asertif Pada Siswa Kelas Viii-A. State University Of Surabaya.
Fauzan, N. A. (2017). Perancangan Buku Ilustrasi Kumpulan Hadits Pilihan Bagi Anak Dalam Kegiatan Sehari-Hari. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Gumilar, B. (2022). Perancangan Informasi Tindakan Preventif Perilaku Seksual Berbahaya Bagi Anak Melalui Buku Tutorial Ilustrasi. Universitas Komputer Indonesia.
Hardiyanti, D. (2023). Upaya Pengenalan Seks Usia Dini Untuk Mencegah Kekerasan Seksual Pada Anak. Manggali, 3(1), 190–204. https://doi.org/10.31331/manggali.v3i1.2516
Husain, A. (2022). Mindful Parenting Dan Perilaku Asertif Anak Dalam Pencegahan Kekerasan Seksual. Prosiding Konferensi Gender Dan Gerakan Sosial, 1(01), 1–10.
Jeong, J., Franchett, E. E., Ramos De Oliveira, C. V, Rehmani, K., & Yousafzai, A. K. (2021). Parenting Interventions To Promote Early Child Development In The First Three Years Of Life: A Global Systematic Review And Meta-Analysis. Plos Medicine, 18(5), E1003602. https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1003602
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models Of Teaching: Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 39–50.
Lestari, M. C. D. (2021). Peran Orangtua Peran Orangtua Dalam Menanamkan Sikap Asertif Terhadap Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6721
Mutiah, D. (2016). Pengembangan Model Modifikasi Perilaku Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak (Penelitian Pengembangan Di Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Dan Sd Islam Ruhama Ciputat Tangerang Selatan). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 365–384. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.10
Purwanta, E. (2012). Modifikasi Perilaku. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sari, D. R. (2024). Pengembangan Media Website I-Care Untuk Mengembangkan Kemampuan Asertif Siswa dalam Mencegah Tindakan Pelecehan Seksual di SMA Negeri 2 Bantaeng.
Slamet, F. A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D). Malang: Institut Agama Islam Sunan Kalojogo Malang.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trianto. (2010). Pengantar penelitian pendidikan bagi pengembangan profesi pendidikan & tenaga kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Usraleli, U. (2022). The Application of Thought Stopping (TS)/Stopping Negative Thinking and Assertive Trainning (AT)/Assertive Behavior to Drug Abusers in Class II A Correctional Institutions Pekanbaru. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 38–48. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.6294
Vindaswari, R. F., & Ulfah, A. (2018). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Berbasis Nilai-Nilai Kepedulian Bagi Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(3), 148. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.661
Keywords | : |
Kata Kunci:
Modifikasi Perilaku; Perilaku Asertif; Tindakan Preventif; Pelecehan Seksual Behavior Modification; Assertive Behavior; Preventive Action; Sexual harassment
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-12-05
|
Cara Mengutip | : |
Andriani, O., Zunarti, R., & Afri Yanti Daulay, N. (2024). PENGEMBANGAN BUKU ILUSTRASI MODIFIKASI PERILAKU ASERTIF: UPAYA PREVENTIF PELECEHAN SEKSUAL PADA ANAK. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 271–280. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2455
|
Terbitan | : |