MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA PESERTA DIDIK FASE B SEKOLAH DASAR
Abstrak
Membaca pemahaman sangatlah menjadi polemik dalam dunia pendidikan. Teknik untuk melakukan proses membaca pemahaman di tingkat sekolah dasar masih belum sesuai dengan kaidahnya, masih banyak peserta didik dalam proses membaca pemahaman dalam sebuah teks bersuara, dan menunjuk. Hal ini berdampak kepada pemahaman peserta didik terhadap bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui model Scramble pada peserta didik kelas 4. Penelitian dilaksanakan di SDN 224/II Sijau Kec.Bungo, melibatkan 20 orang peserta didik terdiri atas 15 orang laki-laki dan 5 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh daya serap individual 58.70 % dana ketuntasan belajar klasikal 24.56%. Dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan perolehan daya serap klasikal 78.40 % sedangkan ketuntasan belajar klasikal 88.27%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik membaca pemahaman model Scramble di kelas 4 Sekolah Dasar.
Unduhan
Referensi
Ahmad, A., Jafar, M., Hendri, H., Qurba, A.-Q., & Ingriza, R. (2022). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 503–514. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11523
Andriani, R. (2019). Model Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Berbasis Hots (Higher Order Of Thinking Skill). Metamorfosis| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(2), 51–55. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i2.267
Ilmi, A. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Nugroho, E. R. (2023). Memaknai Kata ‘Wajib’dalam Pasal 31 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, Dan Lagu Kebangsaan. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(9), 2741–2748.
Nurlaila, M. (2016). Pengaruh bahasa daerah (ciacia) terhadap perkembangan bahasa Indonesia anak usia 2 sampai 6 tahun di desa Holimombo Jaya. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(2), 256781.
Putri, A. R., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2022). Model Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1192–1199. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3162
Sari, W. P. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode SQ3R dengan Media Gambar. Linggau Journal of Elementary School Education, 2(1), 77–83.
Suleman, J., & Islamiyah, E. P. N. (2018). Dampak penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja terhadap bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 2(2).
Keywords | : |
Kata Kunci:
Membaca Pemahaman; Model Scramble; Reading Comprehension; Scramble Model
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-12-05
|
Cara Mengutip | : |
Nofrianni, E., & Prahagia, Y. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA PESERTA DIDIK FASE B SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 378–382. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2451
|
Terbitan | : |