PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA SMK

Shakti Alam Pangestu ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
Arisman Sabir ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
Fauziah ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
Larisman Larisman ( STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh, Indonesia )
Amal Hayati ( STKIP Yayasan Dharma Bakti Lubuk Alung, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Masalah keterlambatan dan ketidakhadiran peserta didik di SMK Negeri 3 Bungo sebagian besar dipengaruhi oleh penggunaan gadget yang berlebihan, terutama untuk media sosial dan game online. Penggunaan gadget yang tidak terkontrol menyebabkan masalah tidur, stres, dan konsentrasi yang mempengaruhi kehadiran dan keterlambatan. Tujuan penilitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan gadget terhadap kesehatan mental di SMK Negeri 3 Bungo. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif deskriptif untuk menemukan ada tidaknya pengaruh hubungan sebab akibat antara pengaruh penggunaan gadget terhadap kesehatan mental di SMK Negeri 3 Bungo. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala ordinal. Sampel penelitian terdiri atas siswa kelas X.TAV di SMK Negeri 3 Bungo, yang dipilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis melalui uji ANOVA. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap kesehatan mental siswa di SMK Negeri 3 Bungo, Dengan nilai thitung variabel Penggunaan Gadget adalah 6,249 yang lebih besar dari nilai ttabel 1,690, menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya “Terdapat Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Mental di SMK Negeri 3 Bungo.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Fauziah, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Masalah keterlambatan dan ketidakhadiran peserta didik di SMK Negeri 3 Bungo sebagian besar dipengaruhi oleh penggunaan gadget yang berlebihan, terutama untuk media sosial dan game online. Penggunaan gadget yang tidak terkontrol menyebabkan masalah tidur, stres, dan konsentrasi yang mempengaruhi kehadiran dan keterlambatan. Tujuan penilitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan gadget terhadap kesehatan mental di SMK Negeri 3 Bungo. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif deskriptif untuk menemukan ada tidaknya pengaruh hubungan sebab akibat antara pengaruh penggunaan gadget terhadap kesehatan mental di SMK Negeri 3 Bungo. Skala yang digunakan adalah skala ordina, Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X.TAV SMK Negeri 3 Bungo dengan menggunakan Teknik Cluster Random Sampling, teknik pengumplan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis atau uji ANOVA. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Mental di SMK Negeri 3 Bungo, Dengan nilai t hitung variabel Penggunaan Gadget adalah 6,249 yang lebih besar dari nilai t tabel 1,690, menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya “Terdapat Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Mental di SMK Negeri 3 Bungo.

Referensi

Axelta, A., & Abidin, F. A. (2022). Depresi Pada Remaja: Perbedaan Berdasarkan Faktor Biomedis dan Psikososial. Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa, 9(1). https://doi.org/10.29406/jkmk.v9i1.3207

Bikriyah, N. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik di SMPN 166 Jakarta. Dalam Thesis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Handayani, I. (2019). Konsep Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial dalam Pengembangan Positive Mental Attitude Generasi Z. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 3(1), 51–63. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i1.1283

Kharista Saragih, L., & Budhijanto, D. (2020). Legal Protection Of Personal Data Against The Abuse Of Personal Data On The Social Media Platform Perlindungan Hukum Data Pribadi Terhadap Penyalahgunaan Data Pribadi Pada Platform Media Sosial (Vol. 6, Nomor 2). https://doi.org/10.30997/jhd.v6i2.2676

Kurniawati, P. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Dalam Universitas Nusantara PGRI Kediri (Vol. 01).

Kusumaningrum, D. (t.t.). Abstract The Relationship Between Intensity Of Gadget Use With Depression, Anxiety, And Stress In Students In Metro City.

Marendeng Majene, Stik. (t.t.). Hubungan Smartphone Dengan Kualitas Tidur Remaja di SMA Negeri 2 Majene.

Miftahul Jannah, Mitsaqy Fitria Irdha, M. Malik Fajar Rambe, & T. Chantiqa Salsabilla Az-Zahra. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Remaja. Mutiara : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 2(1), 93–106. https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i1.861

Prasetya, A., Nurdin, M. F., & Gunawan, W. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal. SOSIETAS, 11(1). https://doi.org/10.17509/sosietas.v11i1.36088

Setiawan, D., & Sukanti. (2016). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Karakteristik Individu Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 4(7).

Sugiyono. (2023). Sugiyono (2023. Jurnal Teknodik, 6115.

Vernandi, P. R., & Hernawan, E. (2023). Pengaruh Cash on Delivery, Promo Gratis Ongkir, dan Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Marketplace Shopee di Wilayah Kota Tangerang. Emabi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(1).


Keywords  :  
Kata Kunci: Gadget Use; Mental Health; vocational school Penggunaan Gadget; Kesehatan Mental; SMK
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-15
Cara Mengutip  :  
Alam Pangestu, S., Sabir, A., Fauziah, Larisman, L., & Hayati, A. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA SMK. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 431–438. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2449
Terbitan  :