MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini berawal dari banyaknya peserta didik masih pasif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, belum diterapkannya model pembelajaran yang kreatif, inovatif, menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 202/II Simpang Tebat. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan oleh peneliti. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Predict, Observe, Explain dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari proses kinerja pendidik pada siklus I dengan rata-rata persentase sebesar (60%) dengan kategori cukup dan siklus II dengan rata-rata persentase (83%) dengan kategori sangat baik. Proses belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata persentase sebesar (27%) dengan kategori gagal dan pada siklus II dengan rata-rata persentase sebasar (100%) dengan kategori baik sekali. Untuk standard Kriteria Ketuntasan Minimal 70 hal ini terlihat dari ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I persentase sebesar (70,67%) dengan kategori baik dan siklus II persentase sebesar (85,33%) dengan kategori baik sekali yang mencapai KKM.
Unduhan
Referensi
Ahmad Sulhan, Ahmad Kholakul Khairi. (2019). Kosep Dasar Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD/MI) (Wildan (ed.); oktober 20).
Fathonah, F. S. (2016). Penerapan Model Poe (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 171–178.
Frasandy, R. N. (2017). Pembelajaran Tematik Integratif (Model Integrasi Mata Pelajaran Umum SD/MI dengan Nilai Agama. Elementary, Vol.5 No.2, 304–352.
Irfan Syahroni, M. (2023). Analisis Data Kuantitatif. EJurnal Al Musthafa, 3(3), 1–13.https://doi.org/10.62552/ejam.v3i3.64
Nanda Indra, D. (2021). Penelitian Tindakan Kelas untuk guru inspiratif. In CV Adanu Abimata (Vol. 7, Issue 2).
Nasution, R. A. (2019). Implementasi Pembelajaran Tematik dengan Tema Diri Sendiri di TK A PAUD Khairin Kids Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 7(1), 111–128. jurnal tarbiyah.uinsu.ac.id ? index.php ? raudhah ? article
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Tambun SIE, D. (2020). Analisis Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup BAB IV Pasal 5 Mengenai Hak dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua dan Pemerintah. In Visi Ilmu Sosial dan Humaniora VISH (Vol. 11, Issue 01). https://doi.org/10.17977/um020v16i22022p265-275
Yus’iran, Y., Buraidah, B., & Suswati, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe-Explain (POE) Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Suhu Dan Kalor. Gravity Edu ( Jurnal Pendidikan Fisika ), 4(2), 6–9. https://doi.org/10.33627/ge.v4i2.662
Yusuf, W. F. (2018). Yusuf,Wiwin Fachrudin. Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Sd), 3(2), 263–278.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Proses; Hasil Belajar Tematik; Model POE; Process; Thematic Learning Outcomes;POE Models
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-12-05
|
Cara Mengutip | : |
Hamzah, I., Apdoludin, A., Subhanadri, S., & Eko Putra, A. (2024). MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 389–394. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2444
|
Terbitan | : |