IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PERMAINAN LOKAL DALAM PENGUATAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PPKn

Regita Yasmin ( Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia )
Sri Rejeki ( Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia )
Aliahardi Winata ( Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia )

Abstrak

Tujuan penelian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan lokal (X) terhadap karakter siwa (Y). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket atau quisioner variable permainan lokal (X) 15 soal dan variable penilaian karakter (Y) 15 soal. Prosedur penelitian terdiri atas penyusunan instrument, proses pembelajaran, analisis data, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa permainan lokal berpengaruh terhadap karakter dengan rata-rata senilai 85.69, F hitung 006 dengan sig 941, permainan lokal berpengaruh terhadap karakter siswa, namun tidak semua aspek karakter berpengaruh signifikan terhadap karakter siswa. Pada karakter rasa ingin tahu menujukkan presentase tertinggi dengan sebesar 92.00%, ini menandakan bahwa permainan lokal sangat berpengaruh terhap karakter rasa ingin tahu pada siswa. Pada karakter kerja keras menujukkan angka terendah senilai 80.67%, ini menujukkan bahwa karakter kerja keras tidak terlalu berpengaruh signifikan terhadap karakter siswa. Pada karakter kerja sama, mandiri, jujur, toleransi, bersahabat dan komunikatif, tanggung jawab, kreatif menujukkan presentase di atas rata-rata senilai 85.69%. Pada karakter mandiri dan kerja keras menujukkan presentase dibawah minimum senilai 80.67%. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan lokal tidak sepenuhnya memberikan perubahan terhadap beberapa karakter dan tidak semua indikator karakter berpengaruh secara signifikan. Penggunaaan permainan lokal direkomendasikan untuk membangun karakter berkelompok terutama dalam pembelajaran di kelas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amelia, C. (2019). Problematika Pendidikan Di Indonesia. 3, 775–779.

Assabilah, A. D., & Murni, A. W. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif JERA pada Mata Pelajaran PPKn Materi Mengenal Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas V SDN Sumokali Candi. Nusantara Educational Review, 1(1), 15–22.https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.996

Fadia, S., & Fitri, N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. 5, 1617–1620.

Indriani, M. N., & Imanuel. (2018). Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Membangun Komunikasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 256–262.

Indriyanti, L., Gani, A. A., & Muhardini, S. (2020). Pengembangan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN 38 Mataram. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 108. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2931

K, K., Choirunnisa, N., Aurellye, Z., Syifaya, O., & Katoningsih, S. (2023). eilmuan dan. 119–127. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i3.73

Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74

Muhaniyah, L. H., Wulandari, R. S., & Arkam, R. (2021). Terhadap Nilai Karakter Kejujuran AUD. 1(2), 86–93.

Muliadi, E., & Asyari, A. (2024). Menggali Kearifan Lokal: Pendidikan Nilai Dalam Permainan Tradisional Suku Sasak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 129–140. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1922

Munir, Z. A., & Awiria, A. (2020). Implementasi Pendidikan Nilai Melalui Permainan Tradisional Anak Suku Sasak Di Mi Nw Loang Sawak Lombok Tengah. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 397–403. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.5764

Narimo, S., Sutama, S., & Novitasari, M. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Budaya Lokal. Jurnal VARIDIKA, 31(1), 39–44. https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8902

Muazimah, A., & Wahyuni, ID., (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Permainan Tradisional Tarik Upih Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 3 No 1 70–76. https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5505

Pradnyana, I. K. A., Pradnyana, I. M. A., & Suyasa, P. W. A. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Ppkn Untuk Siswa Tunagrahita Dengan Konsep Gamifikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Vol.17(2), 166–176.

Rahayu, S. (2016). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Konsep Mol Menggunakan Papan Permainan Monopoli Sebagai Pembelajaran Paikem. 17(5), 82–88.

Rizkita, K., & Supriyanto, A. (2020). Komparasi kepemimpinan pendidikan di Indonesia dan Malaysia dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 155–164. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.32362

Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional untuk Kelas IV Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 1. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332

Tyas, R. W., & Widyasari, C. (2025). Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. 4(1), 508–516. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.255

Widiani, A. A. O. V., Lasmawan, W., & Suarni, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar Pkn Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 13–22.

Windi Wahyuni, I., & Muazimah, A. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Tarik Upih Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 61–68.

Yudia Fauzi, F., Arianto, I., & Solihatin, E. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. PPkn UNJ Online, 1, 1–15.


Keywords  :  
Kata Kunci: Media Interaktif; Permainan Lokal; Karakter; PPKn Local Interactive Media; Character-based PPKn Game
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-05
Cara Mengutip  :  
Yasmin, R., Rejeki, S., & Winata, A. (2024). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PERMAINAN LOKAL DALAM PENGUATAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PPKn. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 357–367. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2443
Terbitan  :