PENGARUH INSENTIF TERHADAP KINERJA MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL

Elvrida Novianna Sinaga ( Universitas Terbuka, Indonesia )
Yeni Absah ( Universitas Terbuka, Indonesia )
Endang Sulistiya Rini ( Universitas Terbuka, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Insentif terhadap Kinerja melalui Kecedasan Emosional Guru SMAN 1 Matauli.  Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan analisis kuantitatif dengan mempergunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis jalur, dan diagram jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMAN 1 Matauli yang berjumlah 69 guru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, Insentif berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Emosional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja, Kecerdasaman Emosional tidak mampu memediasi hubungan Insentif terhadap Kinerja Guru SMAN 1 Matauli.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Agustang, A., Mutiara, I. A., & Asrifan, A. (2021). Masalah Pendidikan Di Indonesia. In Www.Melianikasim.Wordpress.Com (Nomor January). https://doi.org/10.31219/osf.io/9xs4h

Ardiansyah, Y., & Sulistiyowati, L. H. (2018). Pengaruh Kompetensi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 2(1), 91. https://doi.org/10.33603/jibm.v2i1.1064

Damayanti, S., Asbari, M., Setiawan, D., & Saputra, M. S. (2023). Literaksi : Jurnal Manajemen Pendidikan Emotional Intelligence : Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ ? Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(02), 279–285. https://doi.org/10.70508/literaksi.v1i02.280

Dewi, S. N., & Lubis, S. A. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Emosi Negatif Anak Broken Home dengan Teknik Modelling dan Konseling Islami. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 15(1), 19–27. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIBK/article/view/82220

Dhermawan, A., Sudibya, I. G. A., & Mudiartha Utama. (2012). Pengaruh motivasi, lingkungan kerja, kompetensi, dan kompensasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai di lingkungan kantor Dinas Pekerjaan Umum. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 6(2), 173–184. https://www.academia.edu/download/81910763/1400.pdf

Hidayah, N., & Nurbaiti, B. (2023). Pengaruh Pendelegasian Wewenang , Kompensasi Insentif dan Disiplin Kerja. SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis, April.

Kaur, I., Shri, C., & Mital, K. M. (2019). The Role of Emotional Intelligence Competencies in Effective Teaching and Teacher’s Performance in Higher Education. Higher Education for the Future, 6(2), 188–206. https://doi.org/10.1177/2347631119840542

Kaur, J., Kumar, R., & Roy, M. (2022). a Study of Emotional Intelligence Among Pupil- Teachers of Punjab. Journal of Positive School Psychology, 6(2), 4157–4163.

Noreen, S., & Kazim, B. (2022). Impact of teachers’ emotional intelligence abilities on student motivation and their interaction with students in secondary school classrooms. Journal of Educational Psychology and Pedagogical Sciences, 1(1), 17–37. https://doi.org/10.52587/jepps.v1i1.17

Pant, K., & Singh, R. (2017). Educational Status of Parents as Predictor of Social and Emotional Maturity of Adolescents. International Journal of Environment, Ecology, Family and Urban Studies (ISSN Print: 2250-0065 Online: 2321-0109), 7, 53–64.

Prasetiyo, S. (2011). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Hotel Berbintang di Yogyakarta). In SKRIPSI, UNiversitas Negeri Yogyakarta (Vol. 44, Nomor 8). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Ruvendi, R. (2018). Imbalan Dan Gaya Kepemimpinan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Balai Besar Industri Hasil Pertanian Bogor. Jurnal Ilmiah Binaniaga, 1(01), 17. https://doi.org/10.33062/jib.v1i01.146

Shafeeq, N., & Thaqib, A. (2019). Comparative Study Of Emotional Maturity Of Secondary School Students In Relation To Academic Achievement.

Simangunsong, H. M., Siregar, P., Siagian, B., Risna, F., & Saragih, H. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kompetensi, Budaya Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan. JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis), 6(2), 184–201. https://doi.org/10.30743/jrmb.v6i2.4652

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alphabeta (Vol. 8, Nomor 5). Alphabeta.


Keywords  :  
Kata Kunci: Kinerja; Kecerdasan Emosional; Insentif; Guru; Sekolah Performance; Emotional Intelligence; Incentive; Teacher; School
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-17
Cara Mengutip  :  
Sinaga, E. N., Absah, Y., & Rini, E. S. (2024). PENGARUH INSENTIF TERHADAP KINERJA MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 439–444. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2442
Terbitan  :