PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTICS MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD

Randi Eka Putra ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
Sundahry Sundahry ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
Selvira Meiliza ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
Syaprida Syaprida ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian berfokus pada rendahnya motivasi dan hasil belajar matematika siswa, meskipun matematika merupakan mata pelajaran yang penting, banyak siswa mengalami kesulitan memahami konsep-konsep dasar. Penelitin quisi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistics Mathematic Education Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN 102/II Sungai Kerjan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 102/II Sungai kerjan. Jumlah sampel penelitian ini adalah 44 peserta didik. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Ada dua kelas yang diambil sebagai sampel dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Kelas IV A berjumlah 22 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional sedangkan IV B berjumlah 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen  dengan menggunakan model pembelajaran Realistics Mathematic education. Instrument yang digunakan adalah angket dan lembar tes hasil belajar peserta didik. Data dianalisis dengan menggunakan uji T-test. Hasil uji hiptesis menunjukkan motivasi belajar peserta didik thitung 2.053 > ttabel 2.018 menunjukkan motivasi kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, sedangkan hasil belajar peserta didik thitung 2.578 > ttable 2.018 menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Realistics Mathematic Education berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar matematika kelas IV SDN 102/II Sungai Kerjan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, M. F. (2020). Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya pada Pembelajaran Matematika SD/MI. 1(5).https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.181

Asfar, A. M. I. T. (2019). Analisis Mata Pelajaran Matematika SMP (Transmisi – Proses – Praksis – Produk). January. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10732.00643

Fahrurrozi, I. F. N. D. P. Z. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended. 2(2), 32–36.https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1413

Firma, I., & Dian, N. (2021). Model Mathematics Realistic Education (RME) Pada Materi Pecahan di Sekolah Dasar. 5(4), 1888–1899.https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115

Greenstone, M., & Gayer, T. (2009). Quasi-experimental and experimental approaches to environmental economics. 57, 21–44. https://doi.org/10.1016/j.jeem.2008.02.004

Gustina. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Project Based Learning. 7(1), 23–36. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1009

Helmawati, M. S. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Kreatif-Produktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. 04(01), 79–88.

Mas’udah, F. A. U. (2014). Halus Pada Anak Kelompok A Di TK Hidayatullah Lidah Kulon Surabaya. 3–6.

Nizam. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.

Putra, R. E., Harianto, D., Pudjaningsih, W., & Eriyani, E. (2024). The Impacts of the Analysis , Debate , and Finding Models on Learning Natural Sciences. 4(3), 166–174.https://doi.org/10.48161/qaj.v4n3a189

Trinova, Z. (2003). Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. 209–215.https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55

Ulama, N., & Giri, S. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. 1(1), 1–10.https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.190


Keywords  :  
Kata Kunci: Realistics Mathematic Education; Motivasi; Hasil Belajar Matematika; Realistic Mathematics Education; Motivation; Results Study Mathematics
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-17
Cara Mengutip  :  
Eka Putra, R., Sundahry, S., Meiliza, S., & Syaprida, S. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTICS MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 445–452. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2439
Terbitan  :