PENGEMBANGAN BUKU TEKS BERBASIS PjBL UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER BERWAWASAN LUAS ANAK

Berliana Putri Yangga Puspita ( Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia )
Gregorius Ari Nugrahanta ( Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia )

Abstrak

Karakter berwawasan luas dipahami sebagai cara pandang seseorang dengan perspektif yang luas untuk memahami diri, tanggap, dapat mengambil keputusan serta berperilaku positif. Rendahnya minat baca anak dan maraknya kasus bullying menggambarkan rendahnya karakter berwawasan luas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku teks tentang peradaban jalan berbasis Project Based Learning untuk menumbuhkan karakter berwawasan luas. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) tipe ADDIE. Sepuluh guru tersertifikasi terlibat dalam analisis kebutuhan, lima guru dan lima ahli sebagai expert judgement, delapan anak sebagai subjek uji coba buku secara terbatas. Hasil penelitian menunjukkan 1) buku tentang peradaban jalan berbasis Project Based Learning untuk menumbuhkan karakter berwawasan luas dikembangkan dengan langkah-langkah ADDIE; 2) Kualitas buku masuk dalam kriteria “Sangat baik” (3,83 pada skala 1-4) dan tidak perlu revisi; 3) penerapan buku teks peradaban rumah berbasis Project Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap karakter berwawasan luas (p< 0,05) dengan pengaruh kategori besar (r= 0,99 ) (setara dengan 98%). Tingkat efektivitas tergolong “Tinggi” (N-gain score sebesar 84,66%). Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan buku teks tentang peradaban jalan berbasis PjBL dapat menumbuhkan karakter berwawasan luas anak secara signifikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al Hadiq, M. F., Ramadhan, G. M., & Rahayu, D. S. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD. Journal of Elementary Education, 5(3), 505–509. https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10905

Amahorseya, M. Z. F. A., Artha, I. K. A. J., & Yulianingsih, W. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Taman Kanak-Kanak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 640–650. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.350

Amin, A., Wiwinda, Alimni, & Yulyana, R. (2018). Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Training untuk Karakter Kejujuran Siswa Sekolah Menengah Pertama. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam , 17(1), 151–160.https://doi.org/10.29300/attalim.v17i1.1418

Anita, I. W. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1287

Apriany, W., Widi Winarni, E., & Muktadir, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12308

Erita, R., Maemonah, & Mahmudah, I. (2021). Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 531–539. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952

Fitriani, F., & Maemonah. (2022). Perkembangan Teori Vygotsky dan Implikasi dalam Pembelajaran Matematika di Mis Rajadesa Ciamis. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 35. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8398

Hernitya, M. V., & Nugrahanta, G. A. (2024). Pemberdayaan Karakter Berwawasan Luas melalui Permainan Tradisional di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1271–1284. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6422

Hikmah, L. N., & Agustin, R. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. PRISMATIKA: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 1(1), 1–0. https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i1.291

Izati, S. N., Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penlitian dan Pengembangan, 3(9), 1122–1127. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Lickona, T. (1991). Eduation of Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Mawarini, D., Cahyadi, F., & Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V. Wawasan Pendidikan, 2(2), 459–468. https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.9885

Munawwarah, M., Laili, N., & Tohir, M. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Keterampilan Abad 21. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 37–58. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.37-58

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology Humanlight, 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Nugrahanta, G. A., Pamardi, E. H., Suparmo, P. M., Sekarningrum, H. R. V., Swandewi, N. K., & Prasanti, F. T. V. (2022). Pengaruh Program Literasi berbasis Pendekatan Montessori terhadap Karakter Integritas Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 169–180.

Nugrahanta, G. A., Parmadi, E. H., Adji, F. T., & Sekarningrum, H. R. V. (2024). Pengaruh Pembelajaran Etnopedagogi untuk Aksara Jawa Berbasis Metode Montessori terhadap Karakter Kecerdasan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3089

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Nurussholihah, A., & Abdullah, K. (2022). Strategi Pembentukan Karakter Disiplin dan Bertanggung Jawab melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 961–974. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2751

Oktavi, T. A. C., & Nugrahanta, G. A. (2024). Pengembangan Komik Digital untuk Pembentukan Karakter Senang Belajar Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Teknologi Komunikasi Pendidikan, 15(2), 70–79. https://doi.org/10.51169/adikarsa.v15i2.92

Peterson, C., & Seligman, M. E. P. (2004). Character Strengths and Virtues: A Handbook and Classification. American psychological association.

Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Anak Usia Dini melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260–275. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429

Putri, R. D. R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, Husna, E. N., & Yulianti, W. (2022). SICEDU : Science and Education Journal Pentingnya Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449–459. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.64

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264

Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546

Safitri, R. A., & Wulandari, F. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.47134/emergent.v2i1

Sari, C. D. K., & Nugrahanta, G. A. (2023). Membangun Karakter Berwawasan Luas Melalui Buku Pedoman Pendidikan Karakter Berbasis Permainan Tradisional Pada Anak Usia 10-12 Tahun. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(2), 84–97. https://doi.org/10.29407/pn.v8i2.19086

Sari, L., Taufina, & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434

Sekarningrum, H. R. V., Setyaningsih, Y., & B. Widharyanto. (2023). Pengembangan Instrumen Penılaıan Karakter Rasa Ingın Tahu Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulıs Sıswa Kelas 1 SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 575–587. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5446

Siregar, B. V., & Nugrahanta, G. A. (2022a). Pengembangan Buku Panduan Pendidikan Karakter Berwawasan Luas Berbasis Permainan Daerah untuk Usia 7-9 Tahun. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 155–166. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Siregar, B. V., & Nugrahanta, G. A. (2022b). Permainan Daerah untuk Usia 7-9 Tahun Alamat korespondensi: Universitas Sanata Dharma. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 155–166. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky dan Interdepedensi Sosial Sebagai Landasan Teori dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan, 3(1), 231–239. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.269

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Syukriya, A. U. (2019). Implementasi PjBL dengan Media Instagram pada Keterampilan Menulis Bahasa Arab di SMA Islam P.B Soedirman 1 Bekasi. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 389–399.

Titin, Irfani, F., & Sutisna. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 1 Kota Bogor. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 4636–4645.

Widiana, I. W., Bayu, G. W., & Jayanta, I. N. L. (2017). Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning), Gaya Kognitif Kemampuan Berpikir kreatif dan Hasil Belajar Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8562

Yuniharto, B. S., & Rochmiyati, S. (2022). Peningkatan Minat Belajar dan Kreativitas Melalui Project Based Learning Pada Siswa Kelas V SDN Sariharjo. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(2), 226–235. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i2.225


Keywords  :  
Kata Kunci: Karakter berwawasan luas; peradaban jalan; Project Based Learning (PjBL); Broad-Minded Character; Road Civilization; Project-Based Learning (PjBL)
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-05
Cara Mengutip  :  
Putri Yangga Puspita, B., & Ari Nugrahanta, G. (2024). PENGEMBANGAN BUKU TEKS BERBASIS PjBL UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER BERWAWASAN LUAS ANAK. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 321–330. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2434
Terbitan  :