PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER K.H. AHMAD DAHLAN PADA PELAJARAN SEJARAH

Heryati Heryati ( Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia )
Ruslan Ruslan ( Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia )
Wendy Anugrah Octavian ( Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia )
Dewi Setyawati ( Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan serta persepsi dan tanggapan siswa akan Pendidikan karakter KH Admad Dahlan pada mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Menggunakan pendekatan geografi, sosiologis, antropologi, pendidikan. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) penerapan pendidikan karakter ini dengan cara guru menyiapkan terlebih dahulu rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan silabus, di dalam RPP dan silabus guru di setiap materinya guru selalu menyematkan pendidikan karakter K.H. Ahmad Dahlan melalui proses pembelajaran seperti dimulai dari kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, kegiatan penutup pembelajaran, dan evaluasi. (2) Faktor penghambat pendidikan karakter di SMA Aisyiyah 1 Palembang ini ada beberapa faktor yaitu, waktu, media, lingkungan, dan model pembelajaran. Sedangkan faktor pendukung pendidikan karakter ini yaitu, sarana dan prasaran atau fasilitas, media, dan model pembelajaran. (3) Persepsi dan tanggapan siswa mengenai pendidikan karakter ini menerima dengan baik bisa dilihat dari antusias peserta didik dalam belajar mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adhani, Y., Yunus, R., Ngiu, Z., Patuti, S. M., & Maramis, F. P. (2023). Projek Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal dalam Menumbuhkan Karakter dan Wawasan Kebangsaan Peserta Didik (Studi Kasus SMPN 12 Kota Gorontalo). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10664–10668. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2964

Agustin, R. W., & Ulfatun, T. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Holistik di SMK. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 794–802. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.991

Agustin, T. T., Wiranata, I. H., & Nursalim. (2022). Upaya Penanaman Pendidikan Karakter melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SMP Hasanudin Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 630–646. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/3086

Arif Rohman Hakim. (2023). Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia. Journal on Education, 06(01), 2361–2373. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3258

Armini, N. N. S. (2024). Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Pondasi Moral Generasi Penerus Bangsa. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 113–125. https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.3005

Arsini, Y., Yoana, L., & Prastami, Y. (2023). Peranan Guru Sebagai Model dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal Research and Education Studies, 3(2), 27–35. http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v3i2.368

Bansae, M., & Hura, R. (2023). Pendidikan Karakter Dewasa Awal Membentuk Generasi yang Bertanggung Jawab. Geneva - Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 84–96.

Faizah, N., Indah Febriani, P., Elga Saputri, N., & Imamuddin, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Yang Berorientasi Pada Nilai-Nilai Moral. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2), 2828–6863.

Gunawan, B. (2023). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Minat, Sikap Dan Perilaku Positif Siswa Di MA Nurul Iman Kasui Kabupaten Way Kanan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6328–6341. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2807

Lumuan, L. S. I., Wantu, A., & Hamim, U. (2023). Peran Guru PPKN dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Peserta Didik di SMP Negeri 1 Banggai Tengah Kabupaten Banggai Laut. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 210–221. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/17924

Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429

Purwati, I., & Wathon, A. (2022). Manfaat Aplikasi Komputer Terhadap Peningkatan Karakter SIswa. Jurnal Sistim Informasi Manajemen, 4(2), 454–482.

Rivadah, M., Rahmandhani, M. A., Nurfadila, & Hidayat, M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan Islam Berdasarkan Perspektif Muhammadiyah. Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(2), 30–37. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i2.721

Salahudin, A., & Alkrienciechie, I. (2013). Pendidikan Karakter. CV Pustaka Setia.

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106/1857

Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603

Suryaman, S., & Karyono, H. (2018). Revitalisasi Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 10–18. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p010


Keywords  :  
Kata Kunci: Pendidikan Karakter K.H. Ahmad Dahlan; Sejarah; Character education of K.H. Ahmad Dahlan; History
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-05
Cara Mengutip  :  
Heryati, H., Ruslan, R., Anugrah Octavian, W., & Setyawati, D. (2024). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER K.H. AHMAD DAHLAN PADA PELAJARAN SEJARAH. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 368–377. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2433
Terbitan  :