QUIZIZZ E-ASESMEN FORMATIF: PENGEMBANGAN DALAM PENILAIAN SISTEM REPRODUKSI TINGKAT SMA
Abstrak
Materi mengenai sistem reproduksi sering kali dianggap sulit oleh siswa, namun memiliki pengaruh signifikan terhadap kesadaran mereka akan pentingnya menjaga kesehatan organ reproduksi dan memperoleh pendidikan seksual yang tepat. Penilaian merupakan suatu proses yang terstruktur untuk mengumpulkan informasi mengenai pencapaian siswa dalam pembelajaran. Salah satu metode penilaian yang dapat diterapkan oleh guru adalah asesmen formatif. Penerapan asesmen formatif dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, seperti penggunaan quizizz. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-asesmen formatif berbasis quizizz untuk materi sistem reproduksi pada kelas XI, dengan tujuan untuk mengevaluasi kelayakan produk melalui uji validitas, uji reliabilitas butir soal, uji tingkat kesukaran, serta uji daya beda. Metode yang digunakan R&D (Research and Development) dengan pendekatan 4D Thiagarajan. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas XI di salah satu SMAS di Bojongkulur. Hasil yang diperoleh dari beberapa pengujian validasi produk oleh validator menunjukkan bahwa: Uji validitas logis mencapai 85,17%, dari 25 butir soal, 20 dinyatakan valid dan 5 tidak valid. Reliabilitas soal asesmen formatif menunjukkan tingkat keandalan yang cukup baik dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,62. Temuan penelitian ini sejalan dengan kompetensi inti dan dasar, mampu mengukur tingkat kognisi tinggi siswa, serta efektif dalam membedakan antara siswa dengan kemampuan tinggi dan rendah.
Unduhan
Referensi
Afrianto. (2018). Being a Professional Teacher in the Era of Industrial Revolution 4.0: Opportunities, Challenges and Strategies for Innovative Classroom Practices. English Language Teaching and Research, 2(1), 1–13.
Agustiana, M., Mayrita, H., Muchti, A., & Darma, U. B. (2018). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(1), 26–35. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v11i01.203
Agustin, P., & Rasmitadila. (2022). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar Dimasa Pandemi Covid-19. Karimah Tauhid, 1(2), 176–180. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v1i1.3
Altika, W., Indryani, & Hasni, U. (2023). Perkembangan dan Pembelajaran Anak Usia Dini di TK IT Al-Azka Kota Jambi. Innovative: Journal Of Social Science ResearchJ, 3(2), 13501–13513.
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Penilain Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.
Aprilia, Y. (2009). Analisis Sosialisasi Program Inisiasi Menyusu Dini dan ASI Eksklusif Kepada Bidan di Kabupaten Klaten. Universitas Diponegoro.
Arifin. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Alfabeta.
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan edisi 2. Bumi Aksara.
Awaludin, L. (2008). Cerdas Seksual ”Sex education for teenagers”. Shofie Media.
Baety, A. N. (2011). Biologi Reproduksi Kehamilan dan Persalinannya. Graha Ilmu.
Baidlowi, H., Sunarmi, & Sulisetijono. (2020). Pengembangan Instrumen Soal Essay Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Struktur Jaringan Dan Fungsi Organ Pada Tumbuhan Kelas XI SMAN 1 Tumpang. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 50. https://doi.org/10.17977/um052v10i2p57-65
Bury, B. (2017). Testing Goes Mobile–Web 2.0 Formative Assessment Tools. International Conference Proceedings. ICT For Language Learning, 1–4.
Djulia, E. (2020). Evaluasi pembelajaran biologi (Cetakan I). Yayasan Kita Menulis.
Elvia, R., Rohiat, S., & Ginting, S. M. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Matematika Kimia Melalui Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 9(2), 84. https://doi.org/10.33394/hjkk.v9i2.4422
Fathiyah, S. F. Al. (2019). Analisis Butir Soal Pelajaran Bahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(1), 76–100.
Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi “Quizizz.” Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 105–124. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i1.36997
Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). UNY Press.
Hasanah, H. (2016). Pemahaman Kesehatan Reproduksi Bagi Perempuan: Sebuah Strategi Mencegah Berbagai Resiko Masalah Reproduksi Remaja. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 11(2), 229–252. https://doi.org/10.21580/sa.v11i2.1456Kafi, F. A., & Ilma, Z. (2022). Analisis Soal Tematik Bahasa Arab berbasis HOTS pada Kelas XII MAN 3 Jember. Al-Fusha : Arabic Language Education Journal, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.62097/alfusha.v4i1.729
Kocdar, S. (2016). Analysis of the difficulty and discrimination indices of multiple-choice questions according to cognitive levels in an open and distance learning context. Turkish Online Journal of Educational Technology, 15(4), 16–25.
Kuncahyono, K., & Kumalasani, M. P. (2019). Pengembangan Softskill Teknologi Pembelajaran Melalui Pembuatan E-Modul Bagi Guru Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 128–139. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5272
Laksmi, M. L., Prayitno, B. A., & Indrowati, M. (2022). Karakteristik Materi Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 161. https://doi.org/10.17977/um052v13i2p161-170
Lestari, N. T. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 9(3), 602–608. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5374
Lestari, T. . & I. (2014). Ilmu Reproduksi Ternak. Airlangga University Press.
Ma’rufi, I., Keman, S., & Notobroto, H. B. (2005). Faktor Sanitasi Lingkungan yang Berperan Terhadap Prevalensi Penyakit Scabies. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 2(1), 11–18.
Mari’a, H., & Ismono, I. (2021). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Dipadukan Dengan Keterampilan Hots Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Studi Literatur. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 10–19. https://doi.org/10.26740/ujced.v10n1.p10-19
Miswanto. (2014). Pentingnya Pendidikan dan Seksualitas pada Remaja. Jurnal Studi Pemuda, 3(2), 111–122.
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup Biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Nugraheni, Y., Widodo, A., & Sugiyo, W. (2013). Kualitas Soal Buatan Guru dan Dinas Pendidikan Bidang Studi Kimia. Chemistry in Education, 2(1).
Nurhidayah, I., & Ardi. (2022). Instrumen E-Assessment Berbasis Quizizz tentang Materi Sistem Koordinasi untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 67–76. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.44006
Prisecaru, P. (2016). Challenges f the fourth industrial revolution. Knowledge Horizons - Economics, 8(1), 57–62. https://doi.org/10.23683/2073-6606-2019-17-2-6-22
Putranadi, K., Wahyuni, D. S., & Agustini, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Struktur Pernapasan Dan Ekskresi Manusia Untuk Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri 2 Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(3), 300. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i3.36773
Rahmi, Y. L., Miatidini, N. A., Alberida, H., Darussyamsyu, R., Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Titin, T., Koc, I., & Sison, M. H. (2021). HOTS Assessment of Biology Cell: Validity, Practicality and Reliability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(3), 481–487. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i3.742
Rajendra, M., & Sudana, M. (2018). The Influence of Interactive Multimedia Technology to Enhance Achievement Students on Practice Skills in Mechanical Technology. Journal of Physics: Conference Series, 953(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012104
Ramadhani, M., Zulfa, N. F., Pasha, P. R., Fauzan, S., & Ashad. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Quizizz sebagai Alat Evaluasi dalam Pembelajaran Akuntansi Dasar. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics, 2(3), 134–144.
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Saputra, H. D., Purwanto, W., Setiawan, D., Fernandez, D., & Putra, R. (2022). Hasil Belajar Mahasiswa: Analisis Butir Soal Tes. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 15–27. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3432
Septiana, D., Zulfiani, Z., & Noor, M. F. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Archaebacteria Dan Eubacteria Menggunakan Two-Tier Multiple Choice. Edusains, 6(2), 191–200. https://doi.org/10.15408/es.v6i2.1151
Shahroom, A. A., & Hussin, N. (2018). Industrial Revolution 4.0 and Education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(9), 314–319. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v8-i9/4593
Siregar, E., & Hartini, N. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.
Tabrīzī, Y. al-M. (2003). Pendidikan Seks Untuk Anak Dalam Islam (Zahra Publ).
Tarmizi, P., Setiono, P., Amaliyah, Y., & Agrian, A. (2021). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Sehat Itu Penting Kelas V SD Negeri 04 Kota Bengkulu. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 124. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.7090
Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Sdn 1 Watulimo. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905
Umachandran, D. K., Jurcic, I., Ferdinand-James, D., Said, M. M. T., & Rashid, A. A. (2018). Gearing Up Education Towards Industry 4.0. International Journal of Computers & Technology, 17(2), 7305–7311. https://doi.org/10.24297/ijct.v17i2.7754
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069
Wafiroh, Z., & Budijastuti, W. (2020). Kelayakan Teoritis Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(3), 525–534. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n3.p525-534
Widiyanto, S. (2012). Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Tentang ASI Eksklusif dengan Sikap Terhadap Pemberian ASI Ekslusif. UNIMUS.
Widoyoko, E. P. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.
Wiyoko, T., Wulandari, T., & Irhas, M. (2024). Online-based Literacy Test Instruments for Evaluating Prospective Elementary School Teachers’ Science Competencies. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 8(2), 282–292. https://doi.org/10.23887/jisd.v8i2.68342
Keywords | : |
Kata Kunci:
Asesmen Formatif; Model 4D; Quizizz; Sistem Reproduksi; Formative Assessment; 4D Model; Quizizz; Reproductive System
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-12-05
|
Cara Mengutip | : |
Amaliya Fajri, Nur Fadhilla, D., Amellia Harnum, I., Hendi Ristanto, R., & Isfaeni, H. (2024). QUIZIZZ E-ASESMEN FORMATIF: PENGEMBANGAN DALAM PENILAIAN SISTEM REPRODUKSI TINGKAT SMA. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 331–340. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2423
|
Terbitan | : |