PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU SEBAGAI PELAKU USAHA DALAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI

Titis Angga Rini ( Universitas Negeri Malang, Indonesia )
Zahirotus Syarifah Putri ( Universitas Negeri Malang, Indonesia )
Dinik Hanisvana ( Universitas Negeri Malang, Indonesia )
Annisa Anggun Luqmana ( Universitas Negeri Malang, Indonesia )

Abstrak

Pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi ditujukan untuk pengenalan dan pengembangan usaha mahasiswa. Penelitian dilakukan untuk menggali persepsi mahasiswa calon guru terhadap perilaku usaha dalam pengembangan kewirausahaan pendidikan. Penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan penggalian data melalui kuesioner dan dokumentasi untuk pendukungnya. Penelitian diawali dengan kajian pustaka yang digunakan sebagai dasar penyusunan instrumen penelitian untuk digunakan dalam penggalian data yang kemudian dilanjutkan di tahap akhir untuk pengolahan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru memiliki persepsi yang baik (84,5%) dalam minat usaha, kegigihan dan daya juang, strategi usaha, dan profesinya sebagai guru yang berwirausaha atau teacherpreneur. Persepsi yang baik ini diyakini memberikan afirmasi positif untuk mendukung perilaku usaha yang lebih baik khususnya di era revolusi industri ini. Untuk itu melalui penggalian persepsi ini dapat menjadi rujukan dalam pengembangan kewirausahaan melalui edupreneurship di perguruan tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

https://doi.org/10.1108/S1569-37592022000109A011

Nurjaya, N., Sobarna, A., Affandi, A., Erlangga, H., & Sarwani, S. (2020). Edupreneurship management in shaping the nation’s character. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 198. https://doi.org/10.29210/151200

Pelipa, E. D., & Marganingsih, A. (2019). Pengaruh Edupreneurship Dan Praktek Kerja Terhadap Kemampuan Life Skill Mahasiswa. JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 20–25. https://doi.org/10.31932/jpe.v4i1.422

Rosyadi, I. (2014). Strategi pengembangan usaha mikro milik mahasiswa. BENEFIT: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 111–122.

Shelton, C., Geiger, T., & Archambault, L. (2021). Becoming a better teacher through online teacherpreneurship? Factors influencing online teacherpreneurs’ perceived gains in teaching practice. The Elementary School Journal, 122(1), 8–25. https://doi.org/10.1086/715521

Simbolon, M. (2007). Persepsi dan kepribadian. Jurnal Ekonomis, 1(1), 52–66.

Succi, C., & Canovi, M. (2020). Soft skills to enhance graduate employability: Comparing students and employers’ perceptions. Studies in Higher Education, 45(9), 1834–1847. https://doi.org/10.1080/03075079.2019.1585420

Sunday Olawale Olaniran, Juliet Perumal. (2021). Edupreneruship: Preparing Young Education Graduates Beyond The Classroom Teaching. https://doi.org/10.5281/ZENODO.5234011

Wahyudi, W., Sugiarti, E., Mukrodi, M., Salam, R., & Anwar, S. (2021). Membangun Minat Berwirausaha Melalui Kegiatan Learning, Sharing & Practice. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.37481/pkmb.v1i1.214

Zulfickar, R., & Sobandi, A. (2020). Studi Tentang Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Bangka Belitung. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 3(1), 127–139. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.51


Keywords  :  
Kata Kunci: Perception; Prospective Teacher Students; Edupreneurship Persepsi; Mahasiswa Calon Guru; Kewirausahaan Pendidikan;
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-05
Cara Mengutip  :  
Angga Rini, T., Syarifah Putri, Z., Hanisvana, D., & Anggun Luqmana, A. (2024). PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU SEBAGAI PELAKU USAHA DALAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 331–336. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2407
Terbitan  :