EFEKTIVITAS METODE CERDAS CERMAT CEPAT DAN TEPAT (C3T) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FIKIH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode cerdas cermat cepat dan tanggap dalam meningkatkan motivasi belajar Fikih. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang menganggap pembelajaran Fikih adalah suatu pembelajaran yang membosankan dan itu itu saja. hal ini menyebabkan kejenuhan belajar siswa hingga berakibat rendahnya motivasi belajar Fikih. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana efektivitas metode cerdas cermat cepat, dan tanggap (C3T) dalam meningkatkan motivasi belajar Fikih di MI Hikmatun Najah, Penelitian ini merupakan jenis penelitian diskriptf kualitatif dan yang menjadi populasinya adalah MI Hikmatun Najah yang berada di kecamatan Japah Blora. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik “rondom sampling” dimana yang diambil menjadi sampel adalah siswa yang berada di MI Hikmatun Najah yang mengunakan metode konvesional untuk menjadi kelas control dan salah satunya lagi di kelas yang menggunakan metode cerdas cermat cepat dan tanggap guna sebagai kelas eksperimen. kemudian data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa metode cerdas cermat cepat dan tanggap sangat efektif karena terdapat kenaikan motivasi belajar pada mata pelajaran Fikih
Unduhan
Referensi
Emzir. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo
Fathurrahman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Hikmah, R. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran C3T (Cerdas, Cermat, Cepat dan Tepat) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di MI Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin. UIN Antasari Makasar.
Himawan, & Dkk. (2018). Model Pembelajaran Sistem Perilaku Belajar Tuntas Berprogram Langsung Simulasi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Irwanto, & Guswiani, W. (2019). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Front Office di Kelas Xi Akomodasi Perhotelan SMK N 3 Garut. Literasi X. Retrieved from www.depdiknas. go.id/uusisdiknas.htm.
Khuluqo, I. (2017). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniawan, A. R., & Ul’hak, D. (2017). Cara Guru Meningkatkan Keaktifan Siswa SD. Artikel Ilmiah. PGSD FKIP Universitas Jambi
Muliawan, J. (2016). Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Rosda Karya.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pessindo
Nugroho, A. W. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Puzzle dalam Pembelajaran Ketrampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa kelas XII SMKN 1 Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. eprints.uny.ac.id
Hidayat, P & Wiyoko, T. (2019) Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo dengan Pembelajaran Berbasis Edmodo. Lemma:Letters Of Mathematics Education , volume 6 no 1, halaman 18-25
Rusman.(2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sardiman, A. (2007). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo persada
Siregar, E., Hartini Hara., & Jamludin. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Siska Sari, P., Erlinda, S., & Gimin. (2018). The Effect Of Intelligent, Accurate,Fast, And Exact Method (C3t) Toward Motivation Of Studens Of Garde IX SMP Negeri 40 Pekanbaru In Studying Civic Education. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Metode Cerdas Cermat Cepat dan Tepat;, Motivasi Belajar;, Fiqih smart careful fast and responsive methods;, motivation to learn;, fiqh
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2020-11-20
|
Cara Mengutip | : |
partono, partono. (2020). EFEKTIVITAS METODE CERDAS CERMAT CEPAT DAN TEPAT (C3T) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FIKIH. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 478–487. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.239
|
Terbitan | : |