PENGARUH KREATIVITAS DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA
Abstrak
Potensi sebuah negara dapat berkembang dengan generasi muda yang memiliki minat terhadap kewirausahaan yang senantiasa didukung oleh pengguna media sosial yang bijak dan akhirnya pada saat ini banyak generasi muda yang ingin dikembangkan oleh mereka di daerah. sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa generasi muda yang kreatif akan menciptakan sesuatu ide atau gagasan yang berguna untuk mengembangkan usaha yang lebih potensial. Tujuan penelitian ini untuk menulusuri bagaimana efek kreatif generasi muda dan penggunaan media sosial dalam menumbuhkan minat berwirausaha. Mendeteksi imbas antara beberapa variabel yang diteliti maka metode yang digunakan yaitu melalui pendekatan analisis asosiatif, dimana populasinya adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Muara Bungo dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Teknologi, Kesehatan dan Sains. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 35 mahasiswa. Adapun teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan kuesioner yang diberikan pada mahasiswa yang menjadi sumber data primer dan diukur dengan skala likert, kemudian instrument penelitian dilakukan uji kualitas data dan uji prasyarat dan untuk mendeteksi kreatifitas dan penggunaan media sosial terhadap minat wirausaha generasi muda. Untuk pengolahan data dibantu dengan aplikasi SPSS 25. Hasilnya adalah kreatifitas dan penggunaan media sosial memiliki pengaruh dalam menumbuhkan minat wirausaha generasi muda.
Unduhan
Referensi
Agrita, T. W., Al-Ihsan, M. I., Wulandari, T., & Aprizan, A. (2023). Implementasi Nilai Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Mahasiswa Pasca Covid Di Era Industri 4.0. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1193
Triyani, D., Sulistyawati, A.I., & Mulyantomo, E., 2021. Analisis Sikap, Norma Subyektif, Faktor Internal Dan Eksternal Dalam Membentuk Entrepreneurial Intentions. Jurnal Imperium Institute, Vol 4 (2). https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i2.480
Hidayat, M., Thomas, P., 2017. Hubungan Kepribadian, Peran Keluarga, Dan Lingkungan Masyarakat Dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Bisnis Manajemen SMK N 1 Purbalingga. Jurnal Economic Education Analysis, EEAJ 6(1). Universitas Negeri Semarang.
Oktaviani, V., Yulastri, A. 2020. Pengaruh Kepribadian Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Tata Busana Smkn 6 Padang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Manajemen dan Keuangan. 4(1). Universitas Negeri Padang. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p45-54
Wirausaha Ekonomi Kreatif Pada Mahasiswa Unmas Denpasar. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 171–177. https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/article/view/1895
Setyaji, B. (2020). Peran Kepribadian, Kecerdasan Adversitas Dan Kreativitas Dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Melalui Kelibatan Mahasiswa. Universitas Negeri Semarang, Tesis. https://lib.unnes.ac.id/35093/
Wardani, N. T., & Dewi, R. M. (2021). Pengaruh Motivasi, Kreativitas, Inovasi dan Modal Usaha terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1), 93. https://doi.org/10.26905/jmdk.v9i1.5806
Sirait, I. dan L. N. S. (2021). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan Dan Penggunaan Media. 10(3), 254–259. https://doi.org/10.24114/niaga.v10i3.27289
Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha Dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 203. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.246
Keywords | : |
Kata Kunci:
Kreativitas, Media Sosial, minat berwirausaha Creativity; Use of Social Media; interest in entrepreneurship
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-12-05
|
Cara Mengutip | : |
Azka Nadya, W., Agrita, T. W., Dwi Prasetyo, O., Fauziah, F., & Muazza, M. (2024). PENGARUH KREATIVITAS DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 344–349. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2387
|
Terbitan | : |