EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AKHLAK MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF DI SEKOLAH MENENGAH TERPADU NURUL CHOTIB

Mochammad Fathurrozi ( Institut Agama Islam Al- Qodiri Jember, Indonesia )
Syaiful Rizal ( Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran akhlak menggunakan media interaktif di SMP Terpadu Nurul Chotib dan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran akhlak menggunakan media interaktif di SMP Terpadu Nurul Chotib. Penelitian ini dilakukan di SMP terpadu Nurul Chotib yang berlokasi di Desa Rowokangkung  Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII di SMP Terpadu Nurul Chotib. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VIII A, pemilihan subjek berdasarkan di kelas VIII A pendidik atau guru mata pelajaran akidah akhlak menggunakan media pembelajaran interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di SMP Terpadu Nurul Chotib mencakup sifat-sifat wajib bagi Allah yang ma’ani dan ma’nawiyah, sifat-sifat mustahil bagi Allah yang ma’ani dan ma’nawiyah, sifat-sifat ja’iz bagi Allah yang ma’ani dan ma’nawiyah, mengamalkan akhlak terpuji, menghindari akhlak tercela, meneladani akhlak sahabat Rasulullah SAW Ustman Bin Affan. Kurikulum yang digunakan adalah Departemen Agama dan Pendidikan Nasional. Keefektifan pembelajaran akidah akhlak menggunakan media interaktif menunjukkan siswa mengalami peningkatan sebesar 80%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, R. W., Kusrini, & Luthfii, E. T. (2019). Prediksi Keterlambatan Pembayaran SPP Sekolah Dengan Metode K-Nearest Neighbor (Studi Kasus SMK Al-Islam Surakarta). Jurnal Informasi Interaktif, 4(3), 1–18.

Daulay, R., & Mujiatun, S. (2021). The Appeal Of Advertising And Word Of Mouth To Online Shopping Interests On Shopee Application. International Journal Reglement & Society (IJRS, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.55357/ijrs.v2i1.86

FARRAS, A. (2018). Komunikasi Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMA Negeri 1 Banggai Laut [Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu 2018]. In Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah (Vol. 78, Issue 1). https://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Ismail, N. dan S. H. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendikia.

Lyman, E. (2021). Book Review: Scenario-Based e-Learning: Evidence-Based Guidelines for Online Workforce Learning. Ruth Colvin Clark. Issues and Trends in Educational Technology, 1(2). https://doi.org/10.2458/azu_itet_v1i2_lyman

Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusuma, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. MUDIMA; Jurnal Multidisplin Madani, 2(9), 3507–3514. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1132

Naway, F. A. (2016). Strategi pengelolaan pembelajaran. In Ideas Publishing.

Ni’mah, L. L. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. JPI FIAI Jurusan Tarbiyah, IX(Vi), 151–152. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/165

Ningsih, S. R. I. (2022). Implementasi Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Sekolah SMP Muhammadiyah 02 Medan. Tsaqila Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 2(2), 64–71. https://doi.org/10.30596/tjpt.v2i2.351

Priyatna, M. (2017). Manajemen Pengembangan Sdm Pada Lembaga Pendidikan Islam. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 21. https://doi.org/10.30868/ei.v5i09.87

Rahmadika, S. (2021). Peran Sosial Dalam Pelaksanaan Pendidikan Akhlak. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 8(1), 49–67. https://doi.org/10.17509/t.v8i1.34956

Sagala, S. (2018). Pendekatan dan Model Kepemimpinan. Prenada Media Group.

Suhadi. (2011). Konsep Pembinaan Moral: Studi Koomperatif antara Al-ghazali dengan Lawrance kohlberg. Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569


Keywords  :  
Kata Kunci: Pembelajaran Akhlak; Media Interaktif Moral Learning; Interactive Media
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-05
Cara Mengutip  :  
Fathurrozi, M., & Rizal, S. (2024). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AKHLAK MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF DI SEKOLAH MENENGAH TERPADU NURUL CHOTIB. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 383–388. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2373
Terbitan  :