KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KOMITMEN GURU DI SEKOLAH PENGGERAK TINGKAT SMA
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru dalam satu tahap dan satu waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sampel penelitian ini adalah 4 sekolah penggerak di wilayah Ogan Komering Olu bagian Timur dengan jumlah guru sebanyak 70 orang. Penulis menggunakan metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara melihat secara langsung di daerah penelitian untuk mengetahui gambaran umum tentang lingkungan kerja, proses kerja dan metode lain yang relevan, serta sebaran pertanyaan penelitian pada seluruh sampel yang berjumlah 70 guru. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normal, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan anova spps 26. Nilai sig (2-tailed) 0,000 berarti kurang dari 0,05. dan persentase 88,3 persen. Nilai Asymp.Sig (2-tailed) variabel sekolah terhadap keterlibatan guru sebesar 0,006 yang berarti kurang dari 0,05. dan persentase 38,1 persen. Oleh karena itu dapat dikatakan terdapat pengaruh antara iklim sekolah terhadap loyalitas guru dalam mengemudi sekolah. Nilai Asymp.Sig (2-tailed) variabel kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru pada tingkat sekolah menengah atas sebesar 0,009. dan persentase 90 persen. Jadi dapat disimpulkan tuduhan tersebut diterima. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah berpengaruh terhadap partisipasi guru di sekolah penggerak.
Unduhan
Referensi
Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The influence of the transformational leadership and work motivation on teachers performance. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(7), 19–29.
Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.2460/javma.1993.202.04.533
Keizer, H. De, & Pringgabayu, D. . (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, Dan Budaya Sekolah, Terhadap Kinerja Guru Di Smk Icb Cinta Niaga Kota Bandung. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 4(1), 14–25. https://doi.org/10.35794/jmbi.v4i1.17402
Leithwood, K., & Jantzi, D. (2006). Transformational school leadership for large-scale reform: Effects on students, teachers, and their classroom practices. School Effectiveness and School Improvement, 17(2), 201–227. https://doi.org/10.1080/09243450600565829
Limbu, D., Igo Leton, S., Manafe, H. A., Sia Niha, S., Magoster Manajemen, P., Ekonomika dan Bisnis, F., & Katolik Widya Mandira Kupang, U. (2024). The Influence Of Principal Leadership, Teacher Work Climate, Teacher Emotional Intelligence And Teacher Work Commitment On Teacher Job Satisfaction. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 3920–3930. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Mastuhu. (2003). Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21. 99–105.
Purwanto, E., & Rindaningsih, I. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Komitmen Dan Kinerja Guru. PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 2(2), 248–256. https://doi.org/10.32672/perisai.v2i2.155
Rohman, A. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Proses Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Lampung. JIE (Journal of Islamic Education), 6(2), 185. https://doi.org/10.52615/jie.v6i2.224
Rusyan, H. . T. (2013). Profesionalisme Kepala Sekolah. Dhanama Kreatif Mandiri.
Sahertian, S. (2000). Peranan dan Fungsi Pengawas dalam Pendidikan. In Rineka Cipta.
Sidik, M. (2024). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Lingkungan Belajar Yang Inovatif. Ta’Limuna : Jurnal Pendidikan, 2(2), 93–101.
Solihin, E., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Dampak Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Kepuasan Pekerjaan Guru dan Motivasi Kerja. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 279. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.34420
Sonedi, S., Sholihah, T., & Dihasbi, D. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Anterior Jurnal, 8(1), 13–22. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v6i1.106
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alphabeta (Vol. 8, Nomor 5). Alphabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group.
Waham, M. A., Rahman, R. A., & Mustaffa, W. S. W. (2020). The effect of transformational leadership on organizational performance through the mediating role of organizational culture in higher education institutions in Iraq. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(8), 13638–13651. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I8/PR281352
Yanuarti, A. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Komitmen Guru Terhadap Kinerja Guru Pada Smk Prakarya Internasional Bandung. Pendidikan, 1, 8. https://doi.org/10.59166/edumulya.v1i1.43
Keywords | : |
Kata Kunci:
kepemimpinan kepala sekolah; iklim sekolah; komitmen kerja; sekolah penggerak principal leadership; school climate; work commitment; driving school
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-12-22
|
Cara Mengutip | : |
Yetti, Y., Arafat, Y., & Mulyadi, M. (2024). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KOMITMEN GURU DI SEKOLAH PENGGERAK TINGKAT SMA . Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 475–481. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2357
|
Terbitan | : |