ANALISIS FAKTOR PENYEBAB MENURUNNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX SMP

Mutia Sartika ( Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia )
Imran Imran ( Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia )
Iwan Ramadhan ( Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia )
Maria Ulfa ( Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia )
Okianna Okianna ( Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan informasi mengenai faktor penyebab menurunnya motivasi belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 17 satap sungai kakap kabupaten Kubu Raya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 17 satap sungai kakap kabupaten kubu raya, wali kelas dan orang tua siswa. Sedangkan untuk teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menjadi penyebab menurunnya motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 17 satap sungai kakap kabupaten kubu raya yaitu berdasarkan dari faktor internal khususnya pada minat belajar yang ada pada diri siswa cenderung kurang, malas belajar, mengantuk di kelas , sibuk sendiri dan tidak memperhatikan guru, dan dari faktor eksternal lingkungan keluarga siswa yang sudah bekerja tidak memiliki keinginan untuk melanjutkan sekolah, kurangnya dorongan motivasi dan perhatian dari orang tua, serta gaya mengajar guru dengan menggunakan metode ceramah membuat siswa bosan dan tidak tertarik dalam belajar. Secara keseluruhan dalam penelitian ini memberikan gambaran mengenai faktor yang menjadi penyebab menurunnya motivasi belajar siswa yaitu dari minat, lingkungan keluarga dan juga gaya mengajar guru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adam, N., & Awali, F. A. (2023). Peran Pola Asuh dalam Pembentukan Karakter Anak Ditinjau dari Tingkat Pendidikan Orang Tua. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 1789–1807.

Della Puspita, A. (2023). Hubungan Antara Dukungan Emosional Teman Sebaya Dengan Stres Lingkungan Pada Santri Putri Baru Di Pondok Pesantren. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Dwi, Khusnul, & Danik. (2022). Pemikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi dalam Belajar. Tajdid Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 37–48.https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.767

Kholifasari, R., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari karakter kemandirian belajar materi aljabar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 117–125. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.1057

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Prawiyogi, A. G., Sa’diah, T. L., & Asmara, A. S. (2022). Lingkungan Keluarga Mempengaruhi Hasil Belajar. Jurnal Sekolah Dasar, 7(1), 49–57. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i1.2244

Putri, E., Aprison, W., & Kamal, M. (2022). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam. Koloni, 1(3), 599–607.

Rina, R., Asriati, N., & Ramadhan, I. (2021). Pemberian Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas Xi Iis Smas Santun Untan Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(6), 1–8.

Sadirman. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Dinamika Pendidikan, 1(2), 10–35.https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p19-28

Saifullah, A. M. M., Karnati, N., & Arbah, F. (2024). Bagaimana Peran Kepemimpinan Transformasional, Technological Pedagogical Content Knowledge, dan Efkasi Diri Dalam Meningkatkan Kinerja Guru? Penerbit Adab.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145.https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184.https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Warsiyem, W., Manafe, H. A., Talok, D., & Kaluge, A. H. (2023). Dampak Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, Kedisiplinan Siswa, dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(5), 824–834. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i1.1433

Widodo, D. S., & Yandi, A. (2022). Model kinerja karyawan: kompetensi, kompensasi dan motivasi,(Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1.1


Keywords  :  
Kata Kunci: Motivasi; Belajar; Siswa; Motivation; Learning; Student
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-21
Cara Mengutip  :  
Sartika, M., Imran, I., Ramadhan, I., Ulfa, M., & Okianna, O. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB MENURUNNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 460–467. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2347
Terbitan  :