Pe PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA PECAHAN (CANPEC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran CANPEC (Canva Pecahan) pada materi pecahan penjumlahan dan pengurangan guna meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini meliputi deskripsi prosedur pengembangan, validitas, dan efektivitas media pembelajaran CANPEC. Media ini divalidasi oleh ahli media, materi, bahasa, dan praktisi dengan hasil sangat valid, menunjukkan media ini layak digunakan dalam pembelajaran. Implementasi dilakukan pada sampel terbatas, menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa serta ketertarikan siswa terhadap media ini. Hasil uji hipotesis menunjukkan pengaruh positif penggunaan CANPEC terhadap hasil belajar siswa, dengan uji N-Gain menunjukkan kemudahan penggunaan dalam pembelajaran dan tanggapan positif siswa terhadap media ini. Media pembelajaran CANPEC terbukti efektif dan praktis dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.
Unduhan
Referensi
Cahyono, H., & Ummah, S. K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan. 9(1), 52–65. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.3895
Dwi Hartati, M., & Kusrina, T. (2019). Konstruksi Sosial Masyarakat Tentang Kearifan Lokal di Era Perkembangan Iptek (Studi Fenomenologi Di Kota Tegal). Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 13(2), 37–90. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v13i2.204
Firdha, N., & Zulyusri, Z. (2022). Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101–106. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.101-106
Huda, N., Istiawan, D., & Mahiruna, A. (2023). Pelatihan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Desain Grafis Anggota Perhimpunan Human Resources Development Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 37–45.
Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi Pendidikan Sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran Di Indonesia Lebih Maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53. https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6390
Nurfadilah, S., & Lukman Hakim, D. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1214–1222.
Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 51. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p51-64
Purnamasari, S. (2019). Pengembangan Model Media Pembelajaran Berbasis Google Slide Pada Mata Pelajaran IPS dI SMP. Media Pengembangan Pembelajaran Berbasis Google Slide., 37–43.
Saputra, M. I., Japa, I. G. N., & Simamora, A. H. (2022). Faktor Kesulitan Belajar Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 280–291. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49815
Tanwir, T., Rahman F, A., & Rahman F, A. (2018). Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Didik Pada Smk Negeri 1 Kota Parepare. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 11–36. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i1.732
Torang Siregar, Amir, A., & Adinda, A. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Pecahan di SDN 327 Sinunukan. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(2), 96–107. https://doi.org/10.32678/dedikasi.v16i2.9398
Keywords | : |
Kata Kunci:
Media Pembelajaran; Canva Pecahan; Hasil Belajar Siswa; Learning Media; Canva Pecahan; Student Learning Outcomes
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-12-05
|
Cara Mengutip | : |
Kurnia, S., & Yatri, I. (2024). Pe PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA PECAHAN (CANPEC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 289–298. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2345
|
Terbitan | : |