PERBANDINGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA SISWA KECANDUAN GADGET DAN TIDAK KECANDUAN GADGET
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah kecanduan gadget membuat anak-anak tidak tertarik memainkan permainan tradisional lagi, sehingga permainan ini kutrang di kenal oleh pesrta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbandingan tingakat pengetahuan permainan tradisional pada siswa kecanduan gadget dan tidak kecanduan gadget di kelas tinggi SDIT Robbani Kecamatan Hutaraja Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskrptif kualitatif, dengan melihat perbandingan antara kedua variabel. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas atas SD IT Robbani Kecamatan Hutaraja Tinggi dengan teknik pengambilamn sampel Purposive Sampel yaitu 30 peserta didik kecanduan gadget dan 30 tidak kecanduan gadget. Teknik pengambilan tes pada penelitian ini dengan menyebarkan angket. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan yaitu analisis homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-indpendent. Kesimpulan Perbandingan Tingkat Pengetahuan Permainan Tradisional pada Siswa Kecanduan Gadget dan tidak kecanduan Gadget di Kelas Tinggi SDIT Robbani Kecamatan Hutaraja Tinggi yang dilakukan perhitungan statistik sesuai dengan formula yang digunakan (uji-t) diperoleh thitung 2,029 dan ttabel 1,699 yang berarti thitung > ttabel, Berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat Perbandingan Tingkat Pengetahuan Permainan Tradisional pada Siswa Kecanduan Gadget dan tidak kecanduan Gadget di Kelas Tinggi SDIT Robbani Kecamatan Hutaraja Tinggi.
Unduhan
Referensi
Agustin, N. W., Susandi, A., & Muhammad, D. H. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Paud Kamboja Probolinggo. Fisheries Research, 140(1), 6.
Asri, N., Pratiwi, E., Barikah, A., & Kasanrawali, A. (2021). Pemberdayaan Olahraga Rekreasi Melalui Permainan Tradisional Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Tradisional Kalimantan Selatan. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(1), 126. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5419
Astuti, Y. (2017). Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini ( Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang ). AL IBTIDA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1).https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1276
Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap Dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Penerbit Andi (Anggota Ikapi). Percetakan Andi Ofsset. Yogyakarta.
Cha, S. S., & Seo, B. K. (2018). Smartphone use and smartphone addiction in middle school students in Korea: Prevalence, social networking service, and game use. Health Psychology Open, 5(1). https://doi.org/10.1177/2055102918755046
Fatim, K. . S. I. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Menggosok Gigi. Jurnal Keperawatan, 10(1), 25–34.
Huda, W. N. (2018). Pembentukan karakter pada siswa sekolah dasar melalui permainan tradisional. Prosiding Seminar Nasional" Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global, 243–247.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi penelitian kesehatan.
Sugiyono, S. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.
Zahra, N. A., & Z, A. F. (2020). Permainan Tradisional Pukang Lampung Dan Pembentukan Karakter Bersahabat. Ibtidai’y Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 29–40.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Permainan Tradisionanl; Kecanduan Gadget; Tidak Kecanduan Gadget; Traditional Game; Gadget-Addicted; Non Gadget-Addicted
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-12-10
|
Cara Mengutip | : |
Aluwis, A., Manurizal, M., & Supriyadi. (2024). PERBANDINGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA SISWA KECANDUAN GADGET DAN TIDAK KECANDUAN GADGET. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 423–430. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2339
|
Terbitan | : |