PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI LIVE WORKSHEET PADA PEMBELAJARAN IPAS DIKELAS V SD
Abstrak
Pelaksanaan pembelajaran IPAS dihadapkan dengan kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran, dikarenakan guru hanya berfokus pada buku dan perangkat pembelajaran yang tidak memadai sehingga peserta didik kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Upaya dalam mengatasi permasalahan dengan menginovasi pembelajaran memanfaatkan teknologi untuk membuat perangkat pembelajaran berupa E-LKPD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Validasi E-LKPD divalidator oleh dosen FKIP UNDHARI, praktikalitas yang dilakukan dengan cara melihat respon pendidik dan peserta didik, efektifitas yang dilihat dari hasil soal tes yang disediakan. Hasil penelitian terhadap E-LKPD yang dihasilkan memperoleh nilai validasi dengan nilai rata-rata 87,75% dikategorikan sangat valid. Kepraktisan E-LKPD memperoleh nilai rata-rata 84,50% dikategorikan sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis problem based learning menggunakan aplikasi live worksheet pada pembelajaran IPAS dikelas V SD menarik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat terus dikembangkan.
Unduhan
Referensi
Estuhono. (2020). Efektifitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Model Problem Based Instruction Terintegrasi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 202. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.202-209
Amalia, A. D., & Lestyanto, L. M. (2021). LKS Berbasis Saintifik Berbantuan Live Worksheets untuk Memahamkan Konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2911–2933. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.822
Bialik, M., & Fadel, C. (2015). Skills for the 21 st Century: What should students learn? Center for Curriculum Redesign, 3(4), 29.
Estuhono. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Gasing (Gampang Asyik Menyenangkan) Berbantukan Animasi Terhadap Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Ipa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4 Nomor 1(December 2017), 11–12.
Estuhono, E., Aditya, A., & Asmara, D. N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Research Based Learning Menggunakan Pageflip Application Pada Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 159–168. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.483
Estuhono, E., Subhan, M., & Hopipah, R. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Kinemaster Application Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 437–445. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1414
Latifah, S. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Air Sebagai Sumber Kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 155–164. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.89
Lavtania, N., Nulhakim, L., & Utari, E. (2021). Pengembangan Lkpd Digital Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Kreativitas Mata Pelajaran Kimia Materi Pembuatan Makanan Berupa Koloid. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(2), 172. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i2.11320
Leonard, L. (2016). Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 192–201. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643
Lioba, T., Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 307–313.
Mas Darwati, I., & Made Purana, I. (2020). Problem Base Learning (PBL) : Suatu Model Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 11(1), 24.https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Masitoh, L. F., & Prasetyawan, E. (2020). The Effectiveness Of Scientific Approach With Open-Ended Problem Based Learning Worksheet Viewed From Learning Achievement, Creative Thinking Ability, Interest, And Mathematics Self-Efficacy. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(3), 292. https://doi.org/10.26858/jds.v7i3.11874
Nuswowati, M., Azzahra, A., & Purwanti, E. (2020). The effectiveness of nature-based practicum worksheet on acid-base titration material towards students’ science process skills. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022040
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Smp Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537
Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515
Retno., P. D., Untari, M. F. A., & Nafiah, U. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 6 Getas Menggunakan LKPD Online dengan Aplikasi Liveworksheet.com Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 45–55.
Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. 485(Iclle), 284–287. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.048
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060
Umbaryati. (2021). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Umbaryati. Prisma, 218–221.
Keywords | : |
Kata Kunci:
E-LKPD, Problem Based Learning, Live Worksheet E-LKPD, Problem Based Learning, Live Worksheet
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-06-03
|
Cara Mengutip | : |
Estuhono, E., Ilham, A., & Rizki Jayanti, D. (2025). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI LIVE WORKSHEET PADA PEMBELAJARAN IPAS DIKELAS V SD. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 107–113. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2292
|
Terbitan | : |