PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Aprimadedi ( Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia )
Rendi Marlianda ( Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia )
Verliana Verliana ( Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia )

Abstrak

Proses pembelajaran matematika di kelas III SD Negeri 20 Sitiung belum menarik dan belum mampu mendorong partisipasi aktif dari siswa. Situasi ini secara langsung berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika yang masih tergolong rendah. Oleh karena itu, diperlukan upaya menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan menarik dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi seberapa besar pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian True Eksperimental, dengan bentuk Posttest Only Control Design. Lokasi penelitian dilakukan di SDN 20 Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Sampel penelitian terdiri dari 49 siswa yang merupakan seluruh siswa kelas III. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 butir, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 73,54 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 44. Deskripsi data hasil penelitian dari analisis data posttest, dengan menggunakan uji Independen Sample Test menunjukan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dari kriteria ketentuan jika signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Teams Games Tournamen (TGT) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III SDN 20 Sitiung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andrijanto, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Tenis Meja. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 243–250. https://doi.org/10.52188/ijpess.v3i2.465

Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. 3(1), 1–5.https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.405

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Peraturan menteri pendidikan, 53(9), 1–11. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Seran, E. B., & Ladyawati, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ( Teams Games Tournament ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. 8, 115–120.https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.2:.1749.115-120

Subhan, M., Estuhono, & Sentia, A. (2023). Influence of the Numbered-Heads Together Cooperative Learning Model on Class V Social Sciences Learning Outcomes at SDN 09 Sitiung (Journal In Indonesian)The. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3, 14495–14503. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1665/1518


Keywords  :  
Kata Kunci: Learning Outcomes, Learning Model, TGT Hasil Belajar Matematika, Teams Games Tournamen;
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-06-30
Cara Mengutip  :  
Aprimadedi, Marlianda, R., & Verliana, V. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 214–219. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2287
Terbitan  :