PENGEMBANGAN FLIPBOOK DALAM PENGUATAN LITERASI DIGITAL PADA MATERI IPS KELAS VII MTs

Silfi Ajeng Maharani ( Universitas Insan Budi Utomo Malang, Indonesia )
Puspita Pebri Setiani ( Universitas Insan Budi Utomo Malang, Indonesia )

Abstrak

Terbatasnya pemahaman siswa didalam mempelajari pelajaran IPS menyebabkan sangat minimnya media pembelajaran yang dipergunakan oleh para guru hal ini mengakibatkan siswa menjadi bosan serta tidak memahami materi pada proses pembelajaran. Studi  ini mempunyai tujuan untuk memberi peningkatan literasi digital para siswa di Mts. media pembelajaran flipbook ini  untuk  mata pelajaran IPS kelas VII materi masuknya agama hindu budha ke indonesia. Studi  ini mempergunakan metode Research and Development (R&D), yang mempunyai 5 tahapan yakni: 1) Analisa, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Tempat pengamatan dijalankan di MTS Mafatihul Huda desa madiredo kecamatan pujon. Pengumpulan informasi serta data dijalankan dengan cara penilaian angket dari ahli media serta ahli materi serta uji coba kelompok kecil. Hasil pengembangan produk termasuk media pembelajaran flipbook digital IPS materi Masuknya agama hindu budha ke indonesia. Hasil studi  validasi ahli  media didapat persentase senilai 79% dikatakan “layak”, hasil penilaian dari ahli  materi didapat persentase senilai 96% dikatakan “sangat layak. Hasil penilaian siswa pada uji kelompok kecil mendapatkan persentase senilai 94% sehingga media tersebut dikatakan“sangat layak”. Jadi bisa diambil simpulan dari perolehan nilai  media flipbook digital pada mata pelajaran IPS materi Masuknya Agama Hindu Budha ke Indonesia kelas VII sangat layak diterapkan serta dijadikan sebagai media  pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abadi, Abadi. 2020. “Pengembangan Modul E-Learning Berbasis Web Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang.” Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan 4 (2): 1–15. https://doi.org/10.51836/je.v4i2.92

Amalia, Siti Lailun Fitri. 2020. “Pengembangan Media Flip Book Berbasis Peninggalan Megalitikum Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X PM SMK Trunojoyo Jember Ajaran 2018/2019.” Jurnal Pendidikan Sejarah, sosial dan Budaya 1 (1), 2020. https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v1i1.268

Amanullah, Muhammad Abror. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 8 (1): 37. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300

Hayati, Sri, Agus Setyo Budi, and Erfan Handoko. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, SNF2015–II.

Maydiantoro, Albet. n.d. “Model-Model Penelitian Pengembangan.”

Nababan, Netty. n.d. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra dengan Model Pengembangan ADDIE di Kelas XI SMAN 3 Medan” Jurnal Inspiratif, 6 (1): 37-50

Naufal, Haickal Attallah. 2021. “Literasi Digital.” Perspektif 1 (2): 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Searmadi, Bagus Putra Hari, and Rina Harimurti. 2016. “Penerapan Inovasi Flipbook Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengenalan Php Kelas XI RPL DI SMK Negeri 2 Mojokerto” 01. Jurnal IT-Edu. 1 (2), 2016: 42-48

Setiani, Puspita Pebri, and Rizki Agung Novariyanto. 2021. “Pengembangan Blended Learning Interaktif Pada Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Sejarah Dan Sosiologi.” Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran 7 (2): 252–57. https://doi.org/10.30653/003.202172.197


Keywords  :  
Kata Kunci: Media Pembelajaran; Pengembangan; Flipbook Digital; Learning Media; Development; Digital Flipbook
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-05
Cara Mengutip  :  
Maharani, S. A., & Pebri Setiani, P. (2024). PENGEMBANGAN FLIPBOOK DALAM PENGUATAN LITERASI DIGITAL PADA MATERI IPS KELAS VII MTs. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 263–270. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2252
Terbitan  :