TINDAK TUTUR PERSUASIF PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR KAGET GELORA HAJI AGUS SALIM PADANG

Ridho Kurniawan ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Yuliatri Novita ( Universitas Andalas )

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bentuk-bentuk serta fungsi-fungsi tindak tutur persuasif pedagang kaki lima di pasar kaget Gelora Haji Agus Salim. Berdasarkan hasil penelitian di 19 tempat yang berbeda, peneliti menemukan jumlah bentuk-bentuk tindak tutur persuasif pedagang sebanyak 39 data. Berdasarkan data tersebut, peneliti menemukan 3 bentuk tindak tutur persuasif yang terdiri dari 25 tindak tutur asertif, 13 tindak tutur direktif, dan 1 tindak tutur komisif. Selain itu, ada 6 jenis fungsi tindak tutur persuasif yang terdiri dari 18 fungsi bujukan, 11 fungsi anjuran, 7 fungsi ajakan, 1 fungsi persilahan, 1 fungsi himbauan, dan 1 fungsi permohonan. Bentuk tuturan persuasif yang paling banyak digunakan adalah asertif dan fungsi tuturan yang paling banyak digunakan adalah fungsi bujukan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Austin. 1962. How To Do Things with Words. London: Oxfod University Press.

Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Revita, Ike. 2014. Pragmatik: Kajian Tindak Tutur Permintaan Lintas Bahasa. Sumedang: Light Publishing.

Sarfiyah, Anissatus. (2015). “Tindak Tutur Imbauan dan Larangan Pada Wacana Persuasif di Tempat-Tempat Kos Daerah Kampus”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Pess.

Taufik, K Sulam. 2013. Wujud-Wujud Tuturan Persuasif dalam Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan Tahun 28 Ditinjau dari Perspektif Tindak-Tutur. Prosoding Volume 7, No 2.

Wardani, Maria Magdalena S. (2016). Bahasa Indonesia dalam Wacana Persuasif Imbauan Publik. Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia. 564-568. Denpasar

Zaenuri, A. 2007. Teknik komunikasi persuasif dalam pengajaran. Jurnal Jalie. Volome 01, nomor 1.


Keywords  :  
Kata Kunci: Tindak Tutur;, Persuasif;, Sosiopragmatik Speech act;, Persuasive;, Sosiopragmatic
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-11-20
Cara Mengutip  :  
Kurniawan, R., & Novita, Y. (2020). TINDAK TUTUR PERSUASIF PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR KAGET GELORA HAJI AGUS SALIM PADANG. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 510–520. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.225
Terbitan  :