PENGEMBANGAN E-MODUL KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA BERBASIS TPACK TERINTEGRASI TRI N UNTUK MENINGKATKAN DIMENSI KREATIF SISWA

Novita Sakti Dewanti ( Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia )
Heri Maria Zulfiati ( Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia )
Sutrisna Wibawa ( Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia )

Abstrak

Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada salah satu sekolah dasar di Kabupaten Sleman. Diketahui siswa kelas IV belum memahami berbagai macam keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia, karena Indonesia mempunyai banyak sekali keanekaragaman budaya. Hal ini terjadi karena bahan ajar yang digunakan guru masih terbatas. Guru hanya fokus pada bahan ajar cetak, sehingga pembelajaran pun terkesan sedikit monoton atau hanya terbatas pada buku. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar praktis e-modul keragaman budaya Indonesia  berbasis TPACK Terintegrasi Tri N untuk meningkatkan dimensi kreatif siswa.  Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi dan (5) Evaluasi. Melalui tahap validasi media, materi dan bahasa diperoleh hasil sebesar 82,17% sehingga modul baru layak digunakan. sedangkan respon siswa sebesar 86,5% Keterterimaan pada tataran praktis dan dapat digunakan siswa dalam pembelajaran IPS maupun Pendidikan Pancasila yang didalamnya terdapat materi tentang keragaman budaya Indonesia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum 2013. Aspirasi, 4(1), 65–74.

Amalia, I. F., Mashluhah, M. I., & Fernandez, M. F. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs : Transformasi Pendidikan Abad 21,304 – 309.

Arbianto, U. F., Widiyanti, W., & Nurhadi, D. (2019). Kesiapan Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACk) Calon Guru Bidang Teknik di Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin Dan Jurnal Pendidikan Dasar, 11 (2), Desember 2023

Arends, R. I. (2013). Belajar untuk mengajar. Jakarta: Salemba Humanika. Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71 https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Dewi, E. M., Annisa, M., & Kunadi, D. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains dalam Mengembangkan Karakter pada Siswa Kelas VA SDN 007 Tarakan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 54-66. https://doi.org/10.24929/lensa.v8i2.36

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064- 1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Ismawati, D., Maylamirsyah, M. R., & Zulfiati, H. M. (2024). Implementasi Ajaran Tamansiswa Tri N (Niteni, Niroake, Nambahi) Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Media Teka-Teki Silang. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(2), 236-241. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i2.1141

Ningsih, P. O., Alkhasanah, N., Isnaini, Y. F., Maulana, I., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan TPACK Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 707–721.https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1904

Nisa, A. F., Prasetyo, Z. K., & Istiningsih, I. (2019). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. El Midad,11(2), 101–116. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1897

Oda, F. E., Budhi, W., & Hasanah, D. (2022). The Development of Electronic Student Worksheet based on Tri N (Niteni, Nirokke, Nambahi) on Temperature and Heat topic for XI Grade of SMA PIRI 1 Yogyakata

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Permatasari, N., Toto., & Hardi, E. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis TPACK Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 592-600. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8590

Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: Diva Press

Putri, N.K.R.C, dkk. 2021. E-modul Interaktif pada muatan IPA Subtema 1 Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja

Putri, I. A. (2023). Modernisasi Pembelajaran IPS Berbasis TPACK di Era 4.0 Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 233-241. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5333

Rusman, Kurniawan, D., & Rinaya, C. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Widyawati, A. N., & Setyawan, D. N. (2019). Need Analysis for e-Book of Practicum Instructions based on Tri N (Niteni, Nirokke, Nambahi). International Conference on Technology, Education and Sciences, 34–39. https://doi.org/10.30738/cjipf.v6i2.6096

Zainuddin, M., Saifudin, A., Lestariningsih, L., & Nahdiyah, U. (2022). Pengembangan Big Book dengan Model TPACK dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Menulis Anak SD. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(3), 770-777. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1045


Keywords  :  
Kata Kunci: E-Modul; TPACK; Keragaman Budaya Indonesia; E- Modul; TPACK; Indonesia's Cultural Diversity
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-12-05
Cara Mengutip  :  
Sakti Dewanti, N., Maria Zulfiati, H., & Wibawa, S. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA BERBASIS TPACK TERINTEGRASI TRI N UNTUK MENINGKATKAN DIMENSI KREATIF SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 256–262. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2192
Terbitan  :