PEMBELAJARAN BERBASIS PjBLTERINTEGRASI TRI N PEMBUATAN ECOBRIK UNTUK MENINGKATKAN DIMENSI KREATIF DAN GOTONG ROYONG

Novita Sakti Dewanti ( Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia )
Insanul Qisti Bariyah ( Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia )

Abstrak

Penerapan model pembelajaran yang kurang maksimal ketika kegiatan pembelajaran berlangsung dapat mengakibatkan kurangnya rasa gotong royong sesama siswa, selain itu mengakibatkan siswa kurang dapat mengembangkan sikap kreatif yang dimilikinya. Sebab dalam pembelajaran yang masih konvensional pembelajaran berpusat kepada guru atau pendidik. Guru dapat menerapkan model bempebalajarn yang berbasis proyek. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan dimensi kreatif dan gotong royong siswa yaitu menggunaka model pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL), sebab model PjBL ini merupakan model pembelajaran yang berpusat kepada siswa dan dapat menghasilkan sebuah proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode diskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kreatif siswa dan juga meningkatkan rasa gotong royong kepada teman melalui kegiatan pembuatan ecobrik. Dalam penelitian in ada 6 tahapan pembelajaran dalam model Project based Learning (PjBL). Dari enam tahapan kegiatan, terdapat 4 tahapan yang mendapatkan hasil sangat baik dan 2 tahapan mendapatkan hasil baik. Pada dimensi gotong royong memperoleh hasil yang maksimal, sebab dalam kegiatan pembuatan ecobrik ini membutuhkan sikap kerjasama diantara siswa satu dengan lainnya. Untuk dimensi kreativ masih perlu ditingkatkan kembali. Subjek penelitian siswa kelas IV Kepanewon Tempel di Kabupaten Sleman. Dalam kegiata pembuatan ecobrik ini, diharapkan dapat sedikit mengurangi atau menanggulangi sampah yang ada di lingkungan sekitar mereka, baik yang ada di lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah. Hal ini sesuai dengan ajaran Ki Hajar Dewantara yaitu Tri N, Niteni, Nirokke, Nambahi. Niteni yaitu siswa memahami penjelasan yang telah diberikan oleh guru, nirokke, siswa dapat melakaukan hal yang telah disampaikan dan diajarkan sebelumnya guru dan nambahi yaitu siswa dapat menambahkan hasil yang telah dibuat dengan menambahkan kreativitas dari siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alqa, A. S. F., Zuliantoni, Z., & Gunawan, A. (2018). Pengolahan Limbah Plastik Berbasis Mitra Berkegiatan Lingkungan. Jurnal Pengabdi, 1(2), 77. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v1i2.29906

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta DidiK. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Harahap, F., Nurliza, & Nasution, N. E. A. (2020). Jurnal Pelita Pendidikan. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 52–61. https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.17301

Mariatul Kibtiyah, A. (2022). Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Pada Materi Mengklasifikasikan Informasi Wacana Media Cetak Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 82–87. https://doi.org/10.24176/jino.v5i2.7710

Mutaqin, M. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Projek Untuk Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 185–199. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2795

Nisa, A. F., Prasetyo, Z. K., & Istiningsih, I. (2019). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. El Midad, 11(2), 101–116. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1897

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Purwaningrum, P. (2016). Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik Di Lingkungan. Indonesian Journal of Urban and Environmental Technology, 8(2), 141–147. https://doi.org/10.25105/urbanenvirotech.v8i2.1421

Setiawan, D., & Wahyuningtyas, S. (2019). Penerapan Model Pjbl (Project Based Learning) Pada Mata Pelajaran Sbdp Materi Kerajinan Tangan Dari Tulang Daun Siswa Kelas IV SDN Jepang 05 Kudus. Jurnal Kreatif Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 124–134. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/KR-16/10553

Sudrajat, A., & Budiarti, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Project Based Learning Kelas IV SDIT Al Kawaakib Jakarta Barat. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 105–109. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5441

Usman. (2022). Peran Pendidik Dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 15(1), 464–475. https://doi.org/10.55558/alihda.v15i1.37

Versus, U., & In, U. (2000). Q Uantity Versus Q Uality in P Roject B Ased L Earning Report Series. Management Learning, 0, 85–90.


Keywords  :  
Kata Kunci: PjBL, Ecobrick, Kreatif, Gotong Royong PjBL, Ecobricks, Creative, Mutual Cooperation
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-07-06
Cara Mengutip  :  
Sakti Dewanti, N., & Qisti Bariyah, I. (2024). PEMBELAJARAN BERBASIS PjBLTERINTEGRASI TRI N PEMBUATAN ECOBRIK UNTUK MENINGKATKAN DIMENSI KREATIF DAN GOTONG ROYONG. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 221–228. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2186
Terbitan  :