KONSENTRASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Silvia Maharani ( Universitas Jambi, Indonesia )
Yantoro Yantoro ( Universitas Jambi, Indonesia )
Khoirunnisa Khoirunnisa ( Universitas Jambi, Indonesia )
Deka Ismi Mori Putra ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13/I Rengas Condong. Metode penelitian kuantitatif (ex post facto) dan teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti, dengan teknik pengambilan data berupa instrumen angket. Hasil penelitian menjelaskan: 1) hasil uji parsial X1 terhadap Y didapati thitung > ttabel yaitu 5,297 > 2,086 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan persentase 58,4% (kategori moderat); 2) hasil uji parsial X2 terhadap Y didapati thitung > ttabel yaitu 5,409 > 2,086 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan persentase 59,4% (kategori moderat); 3) hasil uji simultan X1 dan X2 terhadap Y didapati Fhitung > Ftabel yaitu 19,917 > 3,522 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan persentase 67,7% (kategori moderat). Hasil uji hipotesis dari penelitian ini mengungkapkan konsentrasi dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas IV SDN 13/I Rengas Condong.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aho, K. (2021). Gadamer and health. The Gadamerian Mind. London: Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429202544-17

Alen, M. G. (2021). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDK Loel. Thesis, Universitas Nusa Cendana.

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar: Kompilasi Konsep. Medan: CV. Pusdikra MJ.

Dimyati, & Mudjiono. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.408

Faizal, Khoirunnisa, & Hendra Budiono. (2023). Modules Based on Technological Pedagogical Content Knowledge to Improve Elementary Students’ Science Domain. International Journal of Elementary Education, 7(4), 616–625. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i4.69193

Gustina, H. (2020). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 68 Kota Bengkulu. Thesis, IAIN Bengkulu.

Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Ida, N. (2023). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Negeri 2 Kendari. Thesis, IAIN Kendari. https://doi.org/10.31332/dy.v4i1.7016

Irwandi, I., Lusiana, L., Hartati, M. S., & Nopriyeni, N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 166–174. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2519

Malawi, I., & Tristiar, A. (2016). Pengaruh Konsentrasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn Manisrejo I Kabupaten Magetan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(2), 118–131. https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.272

Ningrum, M. W., Yantoro, & Khoirunnisa. (2024). Pengaruh Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Muatan Matematika di Kelas III SDN 110/I Desa Tenam. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1637

Pujiningrum, E., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Mangunrekso 01. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.51874/jips.v2i1.9

Rifai, A., & Anni, C. T. (2016). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Ruhmana, E. Y., Saifuddin Zuhri, M., Utami, R. E., Susilowati, P., Pendidikan, P., & Guru, P. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sma. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 159–168. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.159-168

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susanti, E. P., Yantoro, Y., & Kurniawan, A. R. (2020). Strategi Guru dalam Pembelajaran Berhitung Pembagian di Sekolah Dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(1), 53. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i1.3691

Tarigan, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pkn Siswa Kelas Xi Sma Swasta Gkpi Padang Bulan Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3, 22–26. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/1039%0Ahttp://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/download/1039/874

Uyun, M., & Warsah, I. (2021). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Budi Utama.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf

Yantoro, Susanti, E. P., & Kurniawan, A. R. (2020). Problema Guru Dalam Mengajarkan Berhitung Pembagian Dikelas Rendah Sekolah Dasar. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 2(1), 51–58. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v2i1.3475

Yantoro, Y. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika Di Universitas Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 76–99. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6851

Yantoro, Y., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Rivani, P. A. (2021). A Survey of Process Skills Mathematics Learning in Elementary School. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(3), 467–474. https://doi.org/10.23887/jpp.v54i3.37180


Keywords  :  
Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar, Matematika Learning Concentration, Learning Interest, Learning Outcomes, mathematics
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-07-08
Cara Mengutip  :  
Maharani, S., Yantoro, Y., Khoirunnisa, K., & Ismi Mori Putra, D. (2024). KONSENTRASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 229–236. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2080
Terbitan  :