KONSENTRASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13/I Rengas Condong. Metode penelitian kuantitatif (ex post facto) dan teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti, dengan teknik pengambilan data berupa instrumen angket. Hasil penelitian menjelaskan: 1) hasil uji parsial X1 terhadap Y didapati thitung > ttabel yaitu 5,297 > 2,086 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan persentase 58,4% (kategori moderat); 2) hasil uji parsial X2 terhadap Y didapati thitung > ttabel yaitu 5,409 > 2,086 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan persentase 59,4% (kategori moderat); 3) hasil uji simultan X1 dan X2 terhadap Y didapati Fhitung > Ftabel yaitu 19,917 > 3,522 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan persentase 67,7% (kategori moderat). Hasil uji hipotesis dari penelitian ini mengungkapkan konsentrasi dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas IV SDN 13/I Rengas Condong.
Unduhan
Referensi
Aho, K. (2021). Gadamer and health. The Gadamerian Mind. London: Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429202544-17
Alen, M. G. (2021). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDK Loel. Thesis, Universitas Nusa Cendana.
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar: Kompilasi Konsep. Medan: CV. Pusdikra MJ.
Dimyati, & Mudjiono. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.408
Faizal, Khoirunnisa, & Hendra Budiono. (2023). Modules Based on Technological Pedagogical Content Knowledge to Improve Elementary Students’ Science Domain. International Journal of Elementary Education, 7(4), 616–625. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i4.69193
Gustina, H. (2020). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 68 Kota Bengkulu. Thesis, IAIN Bengkulu.
Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Ida, N. (2023). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Negeri 2 Kendari. Thesis, IAIN Kendari. https://doi.org/10.31332/dy.v4i1.7016
Irwandi, I., Lusiana, L., Hartati, M. S., & Nopriyeni, N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 166–174. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2519
Malawi, I., & Tristiar, A. (2016). Pengaruh Konsentrasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn Manisrejo I Kabupaten Magetan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(2), 118–131. https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.272
Ningrum, M. W., Yantoro, & Khoirunnisa. (2024). Pengaruh Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Muatan Matematika di Kelas III SDN 110/I Desa Tenam. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1637
Pujiningrum, E., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Mangunrekso 01. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.51874/jips.v2i1.9
Rifai, A., & Anni, C. T. (2016). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Ruhmana, E. Y., Saifuddin Zuhri, M., Utami, R. E., Susilowati, P., Pendidikan, P., & Guru, P. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sma. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 159–168. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.159-168
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Susanti, E. P., Yantoro, Y., & Kurniawan, A. R. (2020). Strategi Guru dalam Pembelajaran Berhitung Pembagian di Sekolah Dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(1), 53. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i1.3691
Tarigan, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pkn Siswa Kelas Xi Sma Swasta Gkpi Padang Bulan Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3, 22–26. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/1039%0Ahttp://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/download/1039/874
Uyun, M., & Warsah, I. (2021). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Budi Utama.
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf
Yantoro, Susanti, E. P., & Kurniawan, A. R. (2020). Problema Guru Dalam Mengajarkan Berhitung Pembagian Dikelas Rendah Sekolah Dasar. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 2(1), 51–58. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v2i1.3475
Yantoro, Y. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika Di Universitas Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 76–99. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6851
Yantoro, Y., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Rivani, P. A. (2021). A Survey of Process Skills Mathematics Learning in Elementary School. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(3), 467–474. https://doi.org/10.23887/jpp.v54i3.37180
Keywords | : |
Kata Kunci:
Konsentrasi Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar, Matematika Learning Concentration, Learning Interest, Learning Outcomes, mathematics
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-07-08
|
Cara Mengutip | : |
Maharani, S., Yantoro, Y., Khoirunnisa, K., & Ismi Mori Putra, D. (2024). KONSENTRASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 229–236. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2080
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|