PENGARUH FASILITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KONSENTRASI MANAJEMEN PERKANTORAN

Erica Puspita Maharani ( Universitas Negeri Surabaya, Indonesia )
Brillian Rosy ( Universitas Negeri Surabaya, Indonesia )

Abstrak

Penelitian yang dilakukan bertujuan mengetahui adanya pengaruh yang ditimbulkan fasilitas belajar dan Kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Konsentrasi Manajemen Perkantoran yang berlokasi di SMKN 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI MPK (Manajemen Perkantoran) yakni sebanyak 136 peserta didik, kemudian sampel dipilih dengan cara memakai teknik simple random sampling, hingga didapat sampel dengan banyak 102 peserta didik. Selanjutnya peneliti melakukan analisis data menggunakan metode regresi berganda, sehingga memunnculkan hasil penelitian berupa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada fasilitas belajar terhadap hasil belajar secara parsial, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada Kemandirian belajar terhadap hasil belajar secara parsial, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada fasilitas belajar serta kemandirian belajar terhadap hasil belajar secara simultan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, S., Moonti, U., & Yantu, I. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1553-1560. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1553-1560.2022

Annur, E. W., & Trisnawati, N. (2023). The Effect of Self-Efficacy and Perception of Teacher Profession on Teaching Interest: Study on Bachelor Students of Office Administration Education. Journal of Office Administration: Education and Practice, 3(3), 175-189. https://doi.org/10.26740/joaep.v3n3.p175-189

Arista, F. S., & Kuswanto, H. (2018). Virtual Physics Laboratory Application Based On The Android Smartphone To Improve Learning Independence And Conceptual Understanding. International Journal Of Instruction, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1111a

Assa, J. R., Kalangi, L., & Pontoh, W. (2018). Pengaruh Pemeriksaan Pajak dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13(04). https://doi.org/10.32400/gc.13.04.21412.2018

Firdausy, A. R., Setyaningsih, N., Ishabu, L. S., & Waluyo, M. (2019). The Contribution of Student Activity and Learning Facilities to Learning Independency and it’s Impact on Mathematics Learning Outcomes in Junior High School. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 29–37. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.8104

Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Nusantara Tauro. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi (JUPEK), 2(1), 13-22. (Vol. 2, Issue 1). https://doi.org/10.5281/zenodo.4431102

Hidayana, A. F. (2021). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Nurul Ulum Madiun. Jurnal Paradigma, 11(1), 187-201.

Ika Rahmawati, D., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Krian 2 Sidoarjo pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1208

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education (Vol. 4, Issue 2). https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627

Latip, N. S., & Usman, O. (2022). The Effect of Learning Discipline, School Environment, and Learning Facilities on Learning Outcomes at State High School in Jakarta. School Environment, and Learning Facilities on Learning Outcomes at State High School in Jakarta (June 5, 2022). https://doi.org/10.2139/ssrn.4128255

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685/1908

Nurhadi. (2020). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Permatasari, D. D., & Yanti, H. B. (2022). Pengaruh Stock Split dan Stock Split dan Volume Perdagangan Saham Terhadap Return Saham pada Perusahaan Go Public. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 857–868. https://doi.org/10.25105/jet.v2i2.14761

Qomariyah, A. N., & Wulandari, S. S. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Sarana Prasarana Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 141-154. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1475

Rahayu, D. S., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 212–224. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1035

Ranti, M. G., Budiarti, I., Nawa, B., Pendidikan, T., Stkip, M., & Banjarmasin, P. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika Vol.3 (1).

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi Dan Keberhasilan Belajar Siswa. Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Volume I. Nomor 1. Maret.

Sianipar, E. C., Simalango, L. M., Manik, R. B. B., Sianturi, R., Simbolon, C. H. V. B., Herman, H., & Simanjuntak, M. M. (2023). The Effect Of School Learning Facilities On Students’ learning Motivation At SDN 091302 Pematang Panei. Jurnal Scientia, 12(01), 330-334. http://infor.seaninstitute.org/index.php

Siregar, A. H. 2020. Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMKS Prayatna 1 Medan Tp 2019/2020. Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern, 9(3). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/judika/index

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Sulasteri, S., & Nur, F. (n.d.). Kreano 12 (1). The Effect of Computer Laboratory Facilities and Learning Interest on Stu-dents’ Learning Outcomes. https://doi.org/10.15294/kreano.v12i1.27735

Syarifuddin, S., & Saudi, I. A. (2022). Metode Riset Praktis Regresi Berganda Menggunakan SPSS.

Torisa, I. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi) (Vol. 18, Issue 2). http://dx.doi.org/10.36080/js.v18i2.1176

Uki, F., & Ilham, A. (2020). Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar di SDN 03 limboto barat kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.89-95.2020

Widodo, S. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Sarana Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Praktek Pengantar Ekonomi Dan Bisnis di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(2), 214-224. https://doi.org/10.26740/jepk.v4n2.p214-224

Wulandari, Y., & Uwameiye, B. (2023). The Influence of Teacher Pedagogical Competence and Learning Facilities on Student Learning Outcomes in Economics Subjects. Journal of Social Knowledge Education (JSKE), 4(4),138-145. https://doi.org/10.37251/jske.v4i4.765


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-22
Cara Mengutip  :  
Erica Puspita Maharani, & Brillian Rosy. (2024). PENGARUH FASILITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KONSENTRASI MANAJEMEN PERKANTORAN. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 197–205. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2043
Terbitan  :