PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE BERBANTUAN GOOGLE DOKUMEN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA SMP

Retno Ika Lestari Widianti ( Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia )
Sary Sukawati ( Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia )

Abstrak

Aktivitas menulis berita termasuk ke dalam praktik keterampilan berbahasa dalam Kurikulum Merdeka yang bersifat produktif. Namun pada kasusnya, masih terdapat kesalahan penulisan dalam teks berita karya siswa yang mengakibatkan kerancuan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir dampak tersebut dengan mengevaluasi keefektifan metode pembelajaran Think-Talk-Write berbantuan Google Dokumen. Studi ini mengaplikasikan pendekatan eksperimen kuantitatif dengan One Group yang dikenai Pre-test serta Post-test. Langkahnya mencakup pengidentifikasian masalah, perumusan hipotesis, pengumpulan & pengujian data, pengujian hipotesis, hingga penginterpretasian data. Populasi yang dikenai intervensi yakni siswa kelas 7C SMP Negeri 5 Cimahi diwakili oleh 40 sampel. Skor penilaian teks berita karya siswa dan pemahaman terkait dianalisis melalui statistik deskriptif meliputi tabulasi skor, uji Saphiro-Wilk, Levene test, dan uji T-Student. Penelitian mengungkapkan bahwa intervensi metode ini menghasilkan karya tulis siswa yang lebih baik. Uji coba menunjukkan kenaikan nilai keterampilan menulis rata-rata siswa mencapai lebih dari 20% dengan nilai akhir paling tinggi yaitu 95 dari 100. Nilai p pada uji terakhir yakni 0.013 dengan tingkat signifikansi 0.05 dan CI 95%= (75.197, 76.603). Temuan membuktikan bahwa intervensi metode Think-Talk-Write berbantuan Google Dokumen sebagai bagian dari ekosistem AI, berhasil meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa secara signifikan. Dengan demikian, metode ini layak untuk diaplikasikan dalam pelaksanaan pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dwi Putri, V., Utomo, P., & Purwadi, A. J. (2023). Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.33369/jik.v7i1.24677

Hidayat, F. (2020). Exploring students’ view of using Google Docs in writing class. Journal of English Education and Teaching, 4(2), 184–194. https://doi.org/10.33369/jeet.4.2.184-194

Kemendikbudristek RI, B. S., Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/033_H_KR_2022-Salinan-SK-Kabadan-tentang-Perubahan-SK-008-tentang-Capaian-Pembelajaran.pdf

Mariana, I., Purnomo, S., & Firdaus, A. R. (2018). Improving Student Writing Skills in Indonesian Language Learning Narrative Writing Materials Using Writing Process Approach. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 1(3), 99. https://doi.org/10.22460/collase.v1i3.2273

Marzuki, Widiati, U., Rusdin, D., Darwin, & Indrawati, I. (2023). The impact of AI writing tools on the content and organization of students’ writing: EFL teachers’ perspective. Cogent Education, 10(2), 2236469. https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2236469

Ningsih, C. R., Sirait, G. A., & Harahap, S. H. (2024). Analisis Penerapan Literasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Siswa. JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling, 2(1), 74–80. https://doi.org/10.57235/jamparing.v2i1.1809

Olesen, M. (2020). Cooperative Collaboration in the Hybrid Space of Google Docs Based Group Work. Education Sciences, 10(10), 269. https://doi.org/10.3390/educsci10100269

Pentury, H. J., Anggraeni, A. D., & Pratama, D. (2020). Improving Students’ 21st Century Skills Through Creative Writing as A Creative Media. DEIKSIS, 12(02), 164. https://doi.org/10.30998/deiksis.v12i02.5184

Qisthi, N., Diella, D., & Suharsono, S. (2022). Efektivitas pembelajaran daring berbasis Google Docs terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 10(2), 198. https://doi.org/10.23971/eds.v10i2.3208

Rizam, M. M., & Ayuanita, K. (2023). Pemanfaatan Google Docs dalam Kolaborasi Real-Time Pembelajaran Menyunting Teks. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11759

Roisah, R., Kusrina, T., & Porwanto, B. E. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write ( TTW) dapat Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education Research, 4(3), 1481–1487. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.355

Rosdiana, L. A., Sukawati, S., & Firmansyah, D. (2020). Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Google Classroom Dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Semantik, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.22460/semantik.v9i1.p%p

Seo, K., Tang, J., Roll, I., Fels, S., & Yoon, D. (2021). The impact of artificial intelligence on learner–instructor interaction in online learning. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 54. https://doi.org/10.1186/s41239-021-00292-9

Simanjuntak, M. T. M., Arono, A., & Noermanzah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Menulis Surat Pribadi pada Siswa Kelas VII SMP Pelita Kasih Kota Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 4(2), 213–230. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1325

Suciati, R., Mascita, D. E., & Pujiatna, T. (2019). Penerapan Model Berpikir, Berbicara, dan Menulis dengan Media Foto Jurnalistik dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 4(1), 53. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v4i1.923

Sugiarti, R., & Ngaisah, S. (2018). Analisis Kesalahan Penggunaan Preposisi dan Pungtuasi Dalam Karangan Narasi Siswa. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.32678/primary.v10i02.1284


Keywords  :  
Kata Kunci: think-talk-write, google dokumen, Keterampilan Menulis think-talk-write, google docs, writing skills
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-21
Cara Mengutip  :  
Widianti, R. I. L., & Sukawati, S. (2024). PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE BERBANTUAN GOOGLE DOKUMEN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 165–172. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2042
Terbitan  :