BIOWISATA MELALUI VIRTUAL REALITY PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KURIKULUM MERDEKA

Asih Handayani ( Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia )
Fidiya Khoirumufida ( Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia )
Wafiq Nashiroh ( Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia )
Triana Atika Zulfa ( Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia )

Abstrak

Di era sekarang teknologi semakin berkembang pesat. Teknologi tidak hanya dimanfaatkan dalam kaitannya media sebagai penyampai informasi, melainkan dapat membantu membangun konstruksi pengetahuan siswa. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran tersebut dapat dilakukan melalui penerapan teknologi Virtual Reality (VR). Salah satunya yaitu Biowisata Virtual melalui VR pada pembelajaran Biologi. Biowisata virtual dapat digunakan pada pembelajaran kurikulum merdeka sebagai ide bagi para pengajar untuk menyajikan dan menyampaikan pelajaran yang akan lebih menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penyusunan artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan VR pada pembelajaran biologi di era digital, untuk mengetahui penerapan Biowisata Virtual melalui VR pada pembelajaran Biologi. Penelitian ini menggunakan metode Literatur Review dengan mengumpulkan dan menganalisis data hasil dari beberapa sumber jurnal penelitian yang sudah ada. Hasil penelitian merupakan hasil analisis dari 4 jurnal penelitian mengenai penggunaan VR. Dari hasil analisis, teknologi virtual reality efektif diterapkan dalam pembelajaran biologi di era digital ini, karena teknologi ini dapat membantu guru dalam memberikan visualisasi atau gambaran mengenai materi yang disampaikan dalam proses pembelajaran, sehingga siswa juga bisa lebih mudah untuk memahaminya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arfika, N., dkk. (2023). Analisis Media Belajar Digital di Generasi Alpha Era Society 5.0 Mendukung Kurikulum Merdeka. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 84-87. https://doi.org/10.47709/geci.v1i2.3177

Ariatama, Soni ;. dkk. (2021). Penggunaan Teknologi Virtual Reality (VR) Sebagai Upaya Eskalasi Minat dan Optimalisasi dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik. Semnas FKIP 2021 Universitas Lampung.

Aziz, S.A; Istikmal; Munadi, R. (2022). Aplikasi yang Berbasis Virtual Reality untuk Mendukung Proses Pembelajaran Organ Tubuh Manusia. E-Proceeding of Engineering, 9, 396–403.

Cahyono, A.E., dkk. (2019). Literatur Review Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan.

Fadhilah, A. .. (2022). Pembelajaran Biologi Berbasis STEAM DI Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022, 182–190.

Gustina, D; Adetya, N. (2020). Rancang Bangun Visualisasi 3D Sistem Pencernaan dengan Konsep Virtual Reality Berbasis Android. IKRA-ITH Informatika, 4, 103–110. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1866

Hasanudin, M; Indrianto. (2021). Virtual Reality Trafi Sensor Integrasi untuk Anak Autis (1st ed.). Klaten: LAKEISHA.

Kamal, I; Firmansyah, E.A; Rafiah, K.K; Rahmawan, A.F; Rejito, C. (2020). Pembelajaran di Era 4.0. November, 265–276.

Laz, HA; Shafei. (2014). The Effectiveness of Constructivist Learning Model in the Teaching of Mathematics. Journal of Applied and Industrial Sciences, 2(3), 106–109.

Malik, M; Roini, C; Nashicah, A. .. (2022). Penerapan Metode Karya Wisata untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Bioedukasi, 5(2), 64–72. https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i1.4388

Marzuki. (2019). Penggunaan Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kelam Permai. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3, 50–55.

Monita, F. A. D. .. (2019). Pengembangan Media Virtual Reality IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Parisi, T. (2016). Learning Virtual Reality Developing Immersive Experiences and Applications for Desktop, Web, and Mobile (2nd ed.). Sebastopol: O’Reilly Media.

Pradana, F.R; Harmini, T; Maharani, A. .. (2022). Media Pembelajaran Anatomi Fisiologi Paru-Paru Berbasis Virtual Reality (VR). Semnas LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 4, 211–218.

Solicitor, A; Noventius, C; Aryo Bayu. (2018). Rancang Bangun Visualisasi 3D Sistem Pencernaan dengan Konsep Virtual Reality Berbasis Android. Semnas Seni Dan Desain FBS Unesa, 251–258.

Ulhaq, Z.S; Rahmawati, M. (2020). Panduan Penulisan Sripsi Literatur Review. Malang: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN MALANG.

Ultanir, E. (2012). An Epistemological Glance At The Constructivist Approach: Constructivist Learning In Dewey, Piaget, And Montessori. International Journal of Instruction, 5(2), 195–212.

Wang, Cixiao; Ting Fang. (2020). Learning performance and behavioral patterns of online collaborative learning: Impact of cognitive load and affordances of different multimedia. Computers and Education, 143. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103683

Winda, R ; Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4 (2), 211–221. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941


Keywords  :  
Kata Kunci: Teknologi, Digital, Virtual Reality, Biowisata Technology, Digital, Virtual Reality, Biotourism
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-21
Cara Mengutip  :  
Handayani, A., Khoirumufida, F., Nashiroh, W., & Zulfa, T. A. (2024). BIOWISATA MELALUI VIRTUAL REALITY PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 182–188. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2041
Terbitan  :