STUDI ANALISIS BERTAHANNYA METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMP/MTs

Novria Grahmayanuri ( Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Medan, Indonesia )
Muhammad Iqbal ( Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Medan, Indonesia )
Nora Adi Anna Harahap ( Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Medan, Indonesia )
Ika Maulida Thamimi ( Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Medan, Indonesia )
Efira Andiyani Batubara ( Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Medan, Indonesia )

Abstrak

Maraknya penggunaan metode ceramah dalam ruang lingkup pendidikan di Indonesia menjadikan metode ceramah tetap bertahan dalam proses pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah guru Pendidikan Agama Islam dari berbagai sekolah di tingkat SMP/MTs se-kota Medan. Sedangkan objek penelitiannya ialah penyebab dan proses bertahannya metode ceramah dalam memahami pelajaran Pendidikan Agama Islam dan alasan mengapa metode ceramah masih bertahan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penyebab bertahannya metode ceramah dalam memahami pelajaran Pendidikan Agama Islam di tingkat SMP/MTs kota Medan adalah adanya pemahaman guru atas situasi dan  kebutuhan siswa, metode ceramah diterapkan dengan memadukan metode lainnya, metode awal dalam memperkenalkan suatu materi, fasilitas sekolah yang kurang memadai menjadi pilihan guru menerpakan metode ceramah, alasan terunik adalah latar belakang keluarga siswa yang broken home menuntut guru untuk memberikan materi kepada siswa dengan metode ceramah. Proses bertahannya metode ceramah yang diterapkan guru adalah dengan diselingi dengan tanya jawab, demonstrasi dan presentasi kelompok, kombinasi metode ceramah dengan metode lainnya membuat metode ceramah lebih menarik bagi siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2013). Jurnal Studi Al- Qur’an Membangun Tradisi Berfikir Qur’an Vol.9 , No.1 , Tahun. 2013. Studi Al-Qur’an Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, 9(1), 12–26.

Ambarsari, D., & Darmiyati, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Mewujudkan Visi. Jurnal Education and Development, 10(1), 371–378. https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.639

Bahtiar, Y., Anwar, N., Tinggi, S., Islam, A., & Ulum, B. (2020). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads. 4(1), 59–72. https://doi.org/10.30762/ed.v4i1.1942

Emiwati, (2018). Penerapan Metode Ceramah Dalammemahami Pelajaran Ketenagakerjaan Di Kelas VIII MTs Hasanah Pekanbaru Oleh. UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 1, 10–36.

Fatimah,R. (2018). Pengaruh Implementasi Metode Ceramah Pada Pembelajaran Penddikan Agama Islam Dalam Prespektif Siswa Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK MA’ARIF 2 Sleman.

Firman, M. (2020). Urgensi Metode Ceramah dan Diskusi (Buzz Group) dalam Proses Pembelajaran di Madrasah. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 225–235. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i2.3516

Hadi, M. Noer & Salma Sunaiyah, M. I. (2017). Metode Penugasan Dalam Pembelajaran Pai. Edudeena, 1(2), 89–100. https://doi.org/10.30762/ed.v1i2.451

Hidayat, D. F. (2022). Desain Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 8(2), 141–156. https://doi.org/10.55148/inovatif.v8i2.300

Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

KEMENTERIAN AGAMA RI. (2019). Juz 11--20. Al-Qur’an Dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019, 277.

Miles, M. B., A. Michel, H., & Johnny, S. (2014). Qualitative Data Analysis. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Muttaqin, Z. (2018). Peranan Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vi Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di Sd Al-Muzzammil Bekasi. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 280–286. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.267

Sarwani. (2018). Sikap Peserta Didik Terhadap Penggunaan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Baubau.

Silvia, L. (2019). Komparasi Metode Ceramah dan MEtode Diskusi pada Pembelajaran PAI Kelas VII SMPN 2 Trienggadeng Pidie Jaya. 8(5), 55. https://doi.org/10.33603/e.v5i1.706

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. 4(1), 88–100.

Syahidah, N. L. (2020). Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran PAI (Studi Kasus Materi Penyembelihan Hewan dan Pengurusan Jenazah). Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 4(1), 49–58. https://doi.org/10.30762/ed.v4i1.2105

UU-RI No. 20. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.


Keywords  :  
Kata Kunci: Metode Ceramah, Pendidikan Agama Islam, SMP/MTS Lecture Method, Islamic Religious Education
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-21
Cara Mengutip  :  
Grahmayanuri, N., Iqbal, M., Adi Anna Harahap, N., Maulida Thamimi, I., & Andiyani Batubara, E. (2024). STUDI ANALISIS BERTAHANNYA METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMP/MTs. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 189–196. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2040
Terbitan  :