RELEVANSI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI TENGAH ISU-ISU KONTEMPORER: DARI PERUBAHAN IKLIM HINGGA KONFLIK GLOBAL

Rugary Rivaldy ( Universitas Indonesia )

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk memahami relevansi mempelajari ilmu pengetahuan sosial dalam melihat dan menghadapi isu-isu terkini seperti perubahan iklim hingga konflik global seperti isu migrasi paksa dan diskriminasi kelompok. Penelitian menggunakan metode studi pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari dan membaca beberapa buku dan artikel yang berbicara terkait fenomena sosial dan isu-isu terkini yang akan dibahas. Pengetahuan yang didapat kemudian dicatat dan dicari keterkaitannya antara satu dengan yang lainnya sehingga menghasilkan penelitian yang komprehensif. Hasil Penelitian membawa pada pemikiran bahwa ilmu pengetahuan sosial mempunyai posisi yang krusial dan berperan penting sebagai pendidikan yang dapat mengubah pola pikir dan kesadaran masyarakat. Dengan mempelajari para pemikir ilmu sosial, dapat melihat bahwa terdapat karakteristik dan pola yang khas dari suatu masyarakat. Selain itu, dapat menemukan dan menangkap masalah yang ada dalam masyarakat tersebut. Kemudian mempelajari ilmu pengetahuan sosial akan memberikan pemahaman bahwa kehidupan sosial masyarakat bersifat dinamis. Kehidupan sosial masyarakat selalu mengalami pergerakan dan perubahan. Ini lah yang kemudian membuat ilmu pengetahuan sosial relevan untuk dipelajari karena ilmu pengetahuan sosial mengajak kita untuk terus mengamati dan mengawasi dengan kritis segala hal yang terjadi dalam masyarakat. Penelitian lanjutan diharapkan dapat mengembangkan analisis sehingga menghasilkan wawasan yang lebih luas dan kritis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adam, A., & Kamaruddin, S. A. (2024). Power, Knowledge, and Language Hegemony from the Perspective of Michel Foucault. 101~108 International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS), 6(1), 101–108. https://doi.org/10.56338/ijhess.v6i1.4746

Amaruddin, H. (2023). Ilmu Pengetahuan Sosial: Problematika dan Solusinya. PRIMER: Journal of Primary Education Research, 1(1), 24–33.

Endayani, H. (2017). Pengembangan Materi Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FITK UIN SU Medan, 1(1).

Fahimah, S. (2017). Ekofeminisme: Teori Dan Gerakan. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(1), 6–19.

Khabibullah, M. (2022). Perspektif Weber Tentang Etos Kerja Dalam The Protestant Ethic And The Spirit Of Capitaism. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(2), 182–194.

Kühne, O., Weber, F., & Berr, K. (2019). The productive potential and limits of landscape conflicts in light of Ralf Dahrendorf ’s conflict theory. Societàmutamentopolitica, 10(19), 77–90. https://doi.org/10.13128/SMP-25391

Mayadah, U. (2020). Positivisme Auguste Comte. Paradigma: Jurnal Kalam dan Filsafat, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.15408/paradigma.v2i01.26576

Merawi, F. (2018). Limits of Critical Theory, Critique and Emancipation in Habermas’ Critique of Horkheimer and Adorno. Open Journal for Studies in Philosophy, 2(2), 53–64. https://doi.org/10.32591/coas.ojsp.0202.03053m

Mudde, C., & Rovira Kaltwasser, C. (2018). Studying Populism in Comparative Perspective: Reflections on the Contemporary and Future Research Agenda. Comparative Political Studies, 51(13), 1667–1693. https://doi.org/10.1177/0010414018789490

Nina Adlini, M., Hanifa Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Julia Merliyana, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Robet, R. (2015). Modernitas dan Tragedi: Kritik dalam Sosiologi Humanistis Zygmunt Bauman. Masyarakat Jurnal Sosiologi, 20(2), 1–19. https://doi.org/10.7454/MJS.v20i2.1030

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Ilmu Pengetahuan Sosial (1st ed.). UNIPMA Press (Anggota IKAPI).

Sa’ari, M. H., Achmadi, C. A., .K, M. R. R., & Nursaid, F. (2023). Hak Alamiah menurut John Locke. Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains Dan Sosial Humanioral, 1(1), 1–14.

Sholahudin, U. (2020). Membedah Teori Kritis Mazhab Frankfurt. Journal of Urban Sociology, 3(2), 71–89. https://doi.org/10.30742/jus.v3i2.1246

Sudrajat, E. Z., Nanda, F., Bintang, P. A. A., & Fadhail, M. (2023). Negara Dalam Persfektif Plato. Das Sollen: Jurnal Kajian Kontemporer Hukum Dan Masyarakat, 1(1), 1–25. https://doi.org/10.11111/moderasi.xxxxxxx

Tampubolon, Y. H., & Purba, D. F. (2022). Kapitalisme Global sebagai Akar Kerusakan Lingkungan. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 9(1), 83–104. https://doi.org/10.33550/sd.v9i1.265

Zuldin, M. (2019). Ketimpangan Sebagai Penyebab Konflik: Kajian Atas Teori Sosial Kontemporer. Temali: Jurnal Pembangunan Sosial, 2(1), 157–183. https://doi.org/10.15575/jt.v2i1.4050


Keywords  :  
Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Relevan, Pola Pikir, Pendidikan, Dinamis, Kritis Social Sciences, Relevant, Mindset, Education, Dynamic, Critical
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-21
Cara Mengutip  :  
Rivaldy, R. (2024). RELEVANSI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI TENGAH ISU-ISU KONTEMPORER: DARI PERUBAHAN IKLIM HINGGA KONFLIK GLOBAL. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 173–181. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2039
Terbitan  :