PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN: MELATIH BERWIRAUSAHA MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SISWA SEKOLAH DASAR

Megawati Megawati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
Nada Sawita ( SMP Negeri 34 Kerinci, Indonesia )
Luthfi Wahyudi ( Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jambi, Indonesia )
Firman Firman ( Universitas Negeri Jambi, Indonesia )

Abstrak

Melatih keterampilan berwirausaha sejak dini bukan hanya tentang menciptakan pengusaha muda, tetapi juga tentang membentuk individu yang memiliki sikap proaktif, percaya diri, mandiri, dan tangguh dalam menghadapi tantangan zaman. Sehingga upaya untuk memperkenalkan dan melatih keterampilan berwirausaha di tingkat dasar adalah investasi jangka panjang dalam pembangunan sosial, ekonomi, dan individual yang berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui metode studi pustaka, dengan tujuan memaparkan kegiatan implementatif projek P5 dalam melatih keterampilan berwirausaha bagi siswa di sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan referensi dari berbagai macam sumber yang relevan dengan topik penelitian. Analisis data dilakukan dengan menelaah secara kritis dan mendalam sumber pustaka yang telah didapatkan, kemudian disintesa dan disimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa projek P5 tema kewirausahaan merupakan wadah kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi siswa, kegiatan kewirausahaan di sekolah dasar sangat bervariatif, diantaranya adalah market day, culinary corner, bazzar, cooking day, stand dagang, dan gelar karya. Kegiatan ini mengakomodasi siswa dapat berlatih menjadi wirausaha, sekaligus menanamkan karakter mandiri, kreatif, inovatif, dan tangguh pada diri siswa. Sehingga dapat disimpulkan projek P5 tema kewirausahaan di tingkat sekolah dasar  tidak hanya sekedar mengenalkan konsep kewirausahaan  dan mengajarkan  keterampilan berwirausaha dasar, akan tetapi lebih menitik beratkan penanaman sikap atau karakter positif terhadap berwirausaha sejak usia dini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afandi, M. (2021). Implementasi pendidikan kewirausahaan (entrepreneurship) di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 51-63. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2671

Asnawati. (2021). KEWIRAUSAHAAN Teori dan Contoh-Contoh Rencana Bisnis

Creswell, J. W. (2021). A concise introduction to mixed methods research. In: SAGE publications.

Darwis, M. (2016). Pendidikan Entrepreneurship dalam Pespektif Global. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 112-128.

Fatah, M. A., & Zumrotun, E. (2023). Implementasi Projek P5 Tema Kewirausahaan Terhadap Kemandirian Belajar Di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 365-377. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.603

Ishak, K. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengangguran Dan Inflikasi Terhadap Indeks Pembangunan Di Indonesia. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 7(1), 22-38.

Iyan, A., Permata, A. D., Awaliah, F. P., & Isa, S. F. P. (2023). Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2910-2923. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.619

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Kirby, D. A. (2004). Entrepreneurship education: can business schools meet the challenge? Education+ training, 46(8/9), 510-519. https://doi.org/10.1108/00400910410569632

Luthfia, R. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Tema Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa (Penelitian Mixed method terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri Jamali). Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6943-6952.

Maknuni, J. (2021). Strategi sekolah dasar dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan peserta didik. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(02), 9-16. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.392

Putri, H. S., Sholikhah, A., Apriliani, Y., Andriani, R. I., & Amalia, D. (2023). Analisis Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha di SDN 06 Tahunan. El-Miaz: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 2(2), 51-61.

Wekke, I. S. (2019). Mengidentifikasi Masalah Penelitian. Metode Penelitian Ekonomi Syariah, 1. https://doi.org/10.31227/osf.io/v6u9g

Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(2), 76-87.


Keywords  :  
Kata Kunci: Entrepreneurship Education, Entrepreneurship Training, P5 Project, Elementary School Pendidikan Kewirausahaan, Melatih Berwirausaha, Projek P5, Sekolah Dasar
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-14
Cara Mengutip  :  
Megawati, M., Sawita, N., Wahyudi, L., & Firman, F. (2024). PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN: MELATIH BERWIRAUSAHA MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 136–142. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2032
Terbitan  :