INOVASI DESAIN PRODUK UMKM: APLIKASI SCAMPER DI KELAS STUDIO DESAIN PRODUK

Bayyinah Nurrul Haq ( Universitas Trilogi, Indonesia )

Abstrak

Kolaborasi antara institusi pendidikan tinggi dan industri dalam kegiatan pembelajaran dapat memperkuat peran mereka dalam meningkatkan daya saing industri, seperti melalui kemitraan antara UMKM di industri kreatif dengan program studi desain untuk inovasi produk. Desain produk merupakan faktor kunci dalam meningkatkan daya saing produk. Penelitian ini membahas tentang penerapan teknik SCAMPER sebagai metode pengembangan ide dalam mata kuliah studio perancangan desain produk 4 di Universitas Trilogi. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan Project Based Learning yang melibatkan UMKM sebagai mitra, di mana mahasiswa berperan sebagai “in-house designer”. Penenlitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang melibatkan 12 mahasiswa, penerapan SCAMPER dilakukan pada minggu 10-12 dari 16 minggu perkuliahan yaitu pada fase pengembangan konsep dan deskripsi desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mampu menerapkan 3 atau lebih sub-teknik dalam SCAMPER yaitu Modify, “Adapt”, dan “Combine” sekaligus menjadi sub teknik yang paling banyak digunakan. Sub-teknik “Re-Arrange/Reverse” tidak diterapkan karena proyek perancangan difokuskan pada pengembangan produk yang sudah ada di UMKM. Perbedaan kemampuan dan kompleksitas proyek pada masing-masing mahasiswa membutuhkan panduan yang terstruktur dan perencanaan kelas yang fleksibel untuk memastikan proses kreatif yang kolaboratif dan efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurrahman, I. B., & Mahmood, N. J. (2021). The Effect of SCAMPER Strategy on Evoking Iraqi EFL Preparatory Pupils’ Creative Thinking Skills. Journal of Tikrit University for Humanities, 28(3, 4), 1–15. https://doi.org/10.25130/jtuh.28.3.4.2021.22

Aman, A., Joko Raharjo, T., & Supriyanto, T. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Membentuk SDM Unggul yang Berjiwa Creativepreneurship di Era Society 5.0. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, hal. 7-12. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Ariyani, Y. D., Wilujeng, I., & Dwiningrum, S. I. A. (2022). Bibliometric analysis of SCAMPER strategy over the past 20 years. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(4), 1930–1938. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22316

Boonpracha, J., Roong-In, J., Lookraks, S., Wongtanasuporn, P., Kooptiwoot, S., & Seangkong, S. (2023). Creativity of Students’ Cultural Product Design Using the SCAMPER Technique. Journal of Mekong Societies, 19(2), 179–196.

Bramantijo, Hidayat, M. J., Mahmuda, F., Puspitasari, R., Mardiana, C., Adiani, N., Anam, C., & Bahalwan, H. (2020). Desain Produk Dan Tantangan Industri Kreatif Di Era New Normal. In Diterbitkan oleh: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Briede, B., Beitere-Selegovska, Z., Pridane, A., & Boldisevica, L. (2020). Development of Design Thinking in the Field of Design and Crafts. Rural Environment. Education. Personality. (REEP) Proceedings of the 13th International Scientific Conference, 13(May 2020), 359–365. https://doi.org/10.22616/REEP.2020.043

Corazzoa, J. (2019). Materialising the Studio. A systematic review of the role of the material space of the studio in Art, Design and Architecture Education. Design Journal, 22(sup1), 1249–1265. https://doi.org/10.1080/14606925.2019.1594953

Desain Produk Trilogi. (2021). Rencana Pembelajaran Semester, Mata Kuliah Studio Desain Produk 4. In - (Vol. 9, Issue 1, pp. 1–9).

Farrokhnia, M., Noroozi, O., Baggen, Y., & Biemans, H. J. A. (2023). Sparking creativity in Entrepreneurship courses : The effect of using the SCAMPER technique in Brainstorming sessions 3E Conference Proceedings Book of Abstracts 3E Conference – ECSB Entrepreneurship Education Conference. October.

Haq, B. (2020). Role-sharing through Studio-Collaboration Based Learning: Lecturer-Student-SME’s Owner Scheme. https://doi.org/10.4108/eai.2-11-2019.2294855

Haq, B. N., & Trilogi, U. (2018). Tingkat Inovasi Karya Mahasiswa Studio Desain Produk. Prosiding, 1. https://doi.org/10.4108/eai.2-11-2019.2294855

Islim, O. F. (2014). SCAMPER ( Directed Brain Storming Technique ) Scamper ( Yönlendirilmiş Beyin Firtinasi Tekniği ) Scamper ( Directed Brainstorming Technique ). September 2011.

Kamis, A., Ghani Che Kob, C., Hustvedt, G., Mat Saad, N., Jamaluddin, R., & Bujeng, B. (2020). The effectiveness of SCAMPER techniques on creative thinking skills among fashion design vocational college. EurAsian Journal of BioSciences Eurasia J Biosci, 14(October), 4109–4117.

Lanig, A., & Kühne, B. (2020). Educating designers in virtual space: A description of hybrid studios. 9–12. https://doi.org/10.21606/learnxdesign.2019.01079

Rivera-Orozco, C. E., García-López, J. H., & M. R. Ramírez-Jiménez, K. Pulido-Hernández, N. A. Gómez-Torres, L. Serrano-Zúñiga, M. T. Solorio-Núñez, and R. J.-R. (2024). Complex Systems and Their Applications: Secure Communication System Based on Multistability: Evaluation Using the SCAMPER Method for Innovation Projects. In Complex Systems and Their Applications (Issue Ediesca). https://doi.org/10.1007/978-3-031-51224-7

Soedarwanto, H. (2020). Tinjauan Proses Kreatif Mahasiswa Desain Produk Pada Proses Desain Tugas Akhir (Studi Kasus: Tugas Akhir Desain Prouk Mainan). Narada, 7, 307–326. https://doi.org/10.22441/narada.2020.v7.i1.009

Studies, C. (2020). SCAMPER : improving creative imagination of young children Scamper : Improving Creative Imagination of It has been a matter of debate for many years whether creativity is inborn or it can be taught. December 2019. https://doi.org/10.3846/cs.2019.11201

Utami, S., & Pitra, D. H. (2023). Pembentukan Civic Skill Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Kewarganegaraan. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 186–193.

https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1219


Keywords  :  
Kata Kunci: SCAMPER, Project Based Learning, Kelas Studio Perancangan, Inovasi Produk SCAMPER, Project Based Learning, Studio Design Learning, Product Innovation
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-14
Cara Mengutip  :  
Nurrul Haq, B. (2024). INOVASI DESAIN PRODUK UMKM: APLIKASI SCAMPER DI KELAS STUDIO DESAIN PRODUK . Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 127–135. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2025
Terbitan  :