ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT LAMPUNG LAMBAN DALOM KEBANDARAN MARGA BALAK

Yunni Arnidha ( Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Indonesia )
Endang Wahyuni ( Universitas Muhammadiyah Pringsewu, Indonesia )
Fricilla Amelia Putri ( Universitas Muhammadiyah Pringsewu, Indonesia )

Abstrak

Penelitian etnomatematika yang dilakukan oleh sejumlah peneliti telah membuktikan bahwa berbagai kelompok etnis menerapkan konsep matematika untuk mempermudah aktivitas sehari-hari mereka. Temuan ini mendukung gagasan bahwa matematika dan budaya memiliki hubungan yang erat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya unsur-unsur etnomatematika dan makna filosofi pada Rumah Adat Lampung Lamban Dalom Kebandaran Marga Balak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif etnografi. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data hasil wawancara. Berdasarkan data yang diperoleh, didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa terdapat keberadaan unsur-unsur matematika bangun datar seperti persegi panjang,  segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, segitiga siku-siku, persegi, belah ketupat, dan trapesium. Adapun makna filosofisnya yaitu struktur rumah yang berbentuk panggung dipilih untuk menghindari binatang buas, atap memiliki filosofi perlindungan, binaan bagi masyarakatnya yang pada akhirnya menghasilkan persatuan yang kokoh dan ornamen wajik mencerminkan prinsip musyawarah dalam penyelesaian masalah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dinata, K. B., & Junaidi, J. (2022). Etnomatematika: Sebuah Eksplorasi Matematika dalam Budaya Lampung Pepadun. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4161–4169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2733

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi (Vol. 8, Issue 2).

Maharani, A., & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin.

Moloeng, J.L. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmawati, R., Raden, M. I., & Lampung, I. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 7, Issue 2).

Rizky, R & Wibisono, T. (2012). Mengenal seni & budaya Indonesia. Depok: CIF (Penebar Swadaya Grup).

Sugiyono. (2022). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, R&D). Bandung: CV Alfabeta

Sukamti. (2019). Buku pendamping siswa cerdas Modul PPKn SD/MI Kelas V.Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). Media Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Mataram Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Juni, 7(1).

http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm

Weniarni, L, dkk. (2022). Etnomatematika. Jawa Tengah:PT Nasya Expanding Management.


Keywords  :  
Kata Kunci: Etnomatematika, Rumah Adat Lampung Ethnomathematics, Lampung Traditional House
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-12
Cara Mengutip  :  
Arnidha, Y., Wahyuni, E., & Amelia Putri, F. (2024). ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT LAMPUNG LAMBAN DALOM KEBANDARAN MARGA BALAK. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 120–126. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2023
Terbitan  :